nhk

MotoGP 2015 Valencia (Jelang FP3/FP4/Q2): Rossi Lebih Santai, Tanpa Beban Kualifikasi

 

 

 

ManiakMotor – Santai dan lepas, tapi fokus menyetel motor untuk lomba dilakukan Valentino Rossi  untuk FP1 dan FP2 pada Jumat 6 November 2015. Baginya itu memang latihan bebas sebebasnya tanpa terganggu oleh set-up menuju kualifikasi. Q2 nggak ngaruh buat dirinya karena dihukum start dari belakang di seri akhir di Valencia. Apalagi bandingnya ke CAS ditolak.

Belakangan atau sejak  sesi Q2 yang berjalanan 15 menit sering menyita konsentrasi Rossi untuk menyetel dirinya dan motor adu laju. Tapi khusus seri akhir ini, santai bro. Doski nggak perlu berpikir soal itu. Tandanya 21 lap di FP1 tanpa istirahat dilahap. “Memang sesi latihan ini lebih santai dari biasanya! Apalagi kecepatan motor sangat baik. Menggunakan ban bekas pakai juga bagus. Ini penting untuk deteksi motor sejak dini sesuai untuk lomba agar bisa kompetitif,” jelas Rossi yang di FP1 ke-5 dan FP2 ke-4, namun dari akumulasi ke-5.

Rossi juga bilang lewat utak-atik dengan metode berbeda pada set-up, M1 juga tetap nurut. Kombinasi yang beragam  itu, untuk bekal saat lomba pada hari Minggu 8 November 2015. Termasuk pada penggunaan ban kompon keras, M1-nya ndak banyak berubah alias asyik-asyik saja.  Singkatnya, bisa bersaing, walau dia tak sebut-sebut target-target saat start dari belakang.

“Tinggal coba kompon soft  untuk perbandingan agar dapat pilihan tepat,” jelas The Doctor soal rencananya pada hari kedua Sabtu ini yang akan ikut FP3, FP4 dan Q2. Sekadar informasi saja, walau pun ikut Q2, Rossi tak akan tercatat sesuai urutan. Rossi sudah dapat grid paling buncit lewat   vonis race direction dari kasusnya dengan Marc Marquez di Sepang. Di Malaysia dia dapat 3 penalti point dan ditambah 1 dari Misano, total 4 poin yang hukumannya itu tadi.

Di Q2 ya Rossi sekadar kebut tapi tak akan menguras energinya seperti selama ini. Dia akan melakukan prosedur biasa saja. Kalau bisa dibikin seperti latihan bebas. “Akan sulit dibikin seperti latihan bebas karena dalam sesi 15 menit itu, setiap pembalap punya target masing-masing. Ya ikuti saja seperti normalnya,” pungkas Rossi. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Moto2, Moto3, 6 – 8 November 2015

MotoGP 2015 Valencia FP2: Lorenzo Tercepat, Ditempel Pedrosa, Rossi Ke-4

MotoGP 2015 Valencia (Jelang Race): Sponsor Lorenzo Mulai Kabur, Dinilai Tak Sportif

MotoGP 2015 Valencia FP1: Tiga Spanyol Terdepan, Rossi Ke-5

MotoGP 2015 Valencia (Jelang Race); Peluang Rossi Tetap Terbuka, ‘Dijamin’ Bos Honda?

 

  

BAGIKAN