nhk

MotoGP 2015 Valencia (Jelang Race): Tak Ada Kata Lain Buat Rossi, Fight..!

 

ManiakMotor – Valentino Rossi start dari belakang, sementara Jorge Lorenzo pole sitter. Jika sentimen nasionalisme di bawa-bawa ke lintasan Valencia maka mustahil rasanya Rossi menggaet gelar ke-10-nya hari ini. Lain soal jika segala sesuatunya berjalan normal, masih ada kesempatan di race Minggu 6 November 2015.

Tiga Matador langsung membentengi JL digrid 2 (Marc Marquez), 3 (DaniPedrosa), dan 4 Aleix Espargaro. Untuk melewati rider Spanyol lainnya di barisan tengah dan belakang macam Toni Elias (Forward Racing), Alvaro Bautista (Aprilia), Maverick Vinales (Suzuki) dan Pol Espargaro (Yamaha Tech3) tentu bukanlah pekerjaaan sulit buat Rossi.

Katakanlah Rossi sukses menyalip 22 pembalap dan mungkin juga sukses menyalip Aleix untuk berada di urutan 4, maka sesungguhnya sudah ada yang menanti Rossi. Banyak hal yang sulit diprediksi dalam situasi itu. Rossi harus minimal finish di belakang JL untuk menjadi jurdun 2015. Kecuali jika Marquez dan Pedrosa tarung tanpa embel-embel sesama Spanyol dan  berhasil finish 1-2 maka situasinya sedikit lebih longgar buat The Doctor. Jika JL hanya podium ketiga maka Rossi cukup finish ke-4, 5, atau 6 dan usai balapan berhak dapat mahkota juara dunia 2015.

Setelah kisruh panjang usai GP Sepang, sepertinya MM dan terlebih lagi DP tak akan bermain-main dengan kesan membantu Lorenzo. Mereka sudah komitmen akan fight meraih kemenangan, begitu pula petinggi tim Repsol Honda yang inginkan finish 1-2.

Tapi, itu semuamsih di atas kertas. Banyak kemungkinan formasi yang bisa terjadi, termasuk potensi Aleix dan Andrea iannone (Ducati) untuk ikut tarung ke podium. “Sangat sulit membaca situasi balapan yang akan terjadi. Faktanya Jorge sangat cepat, begitu juga Honda. Ketiganya bisa fight menjadi juara,” ujar Rossi yang jelas berharap ketiganya akan tarung sungguhan, meski tidak bilang-bilang di dalam hati juga berharap tak ada kasus halang-menghalangi macam ia rasakan di Philip Island dan Sepang.

Rossi sendiri tak mau pusing mikir strategi karena begitu banyak varian situasi yang mungkin saja terjadi. Ia juga tak mikir gelar jurdun, selain syukur kalau dapat, tidak pun apaboleh ‘baut. “Main nothing to loose, tapi tetap berusaha dan berjuang sekerasnya. Setelah usai 30 lap, kita lihat hasil akhirnya,” tegasnya.

Ayo. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia, Spanyol, Moto2, Moto3, 6 – 8 November 2015

MotoGP 2015 Valencia (Jelang Race): Apakah Rossi Juara Dunia? Bisa Saja! Keren..!

MotoGP 2015 Valencia (Jelang Race): Apakah Lorenzo Juara Dunia? Tunggu Sebentar!

MotoGP 2015 Valencia Q2: Lorenzo Tercepat Kualifikasi, Rossi Jatuh

MotoGP 2015 Valencia FP4: Marquez Tercepat, JL, DP dan Rossi

BAGIKAN