nhk

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Lorenzo Tetap Dengan Yamaha, Jawabannya M1 Pengembangan Rossi

 

 

 

ManiakMotor – Jorge Lorenzo dapat motor kencang, selalu ada Valentino Rossi sebagai pasangannya. Dia dikontrak Yamaha pertama kali, sudah mendapati M1 yang telah  jadi dan langsung runner-up di bawah Rossi. Kemudian juara dunia setahun kemudian atau 2010. Saat ditinggal Rossi ke Ducati, M1 Lorenzo langsung berubah. Habis itu kedodoran, lantaran pengembangan M1 kalah dari lawan.

Kendati teriak-teriak dengan berbagai ekspresi Jorge Lorenzo terhadap Valentino Rossi, nggak pernah dia meminta keluar atau Rossi yang disuruh minggir dari garputala.  “Tahun depan tetap dengan Yamaha. Kontrak saya ada di situ tahun depan, walau pun bersama Valentino, harus dijalankan,” jelas Lorenzo saat tututan dari segala penjuru dia hengkang dari Yamaha pasca insiden Sepang.

Lorenzo tahu walau pun nggak teriak-teriak kasih tahu – cukup dalam hati – pengembangan M1 selaju saat ini tentu bukan hasil dia Lorenzo sendiri. Kalau disebut Rossi sendiri yang mengembangkan, nanti penggemar Lorenzo tersinggung. Dari soal distribusi bobot M1, kinerja rangka plus lengan ayun sekarakter bersama ban Bridgestone, dan terakhir yang paling segar soal full SSG adalah tuntutan Rossi dalam dua tahun lalu. Pokoknya manuver harus imbang dengan RC313V, ya hasilnya lihat sendiri deh. Terima beres memang, wenak…

Kembalinya Rossi 2013 ke Yamaha juga atas persetujuan JL. Mungkin dia sadar perkembangan M1 yang makin kedodoran, karena juara Lorenzo 2012 berbau kebetulan, karena Dani Pedrosa nggak punya aura juara dunia. Dan dari 2013 sampai pecah tuduhan Rossi pada Marquez membantu Lorenzo di ujung 2015, hubungan personal masih terlihat akur. Malah saat rehat thun ini, Lorenzo memuji Rossi sebagai pembalap yang tekun membangun motor. Pokoknya kata Lorenzo, Rossi detil terhadap persoalan yang mengganjal pada motornya. Tim mereka masing-masing pun mengaku masih tukar-tukaran data. Saling buka data inilah yang bikin M1 Lorenzo belakangan malah lebih kejam dari punya Rossi.

Macam itulah Lorenzo walau sangat emosi ndak  pernah terucap ingin berpisah dengan Rossi. Ke depan, tentu jadi lawan berat The Doctor jika punya kesempatan dalam kesempitan soal usia ingin juara dunia 2016. Sebaliknya begitu. Janji Rossi saat kembali ke Yamaha 2013 tak ada pertikaian jilid 2 seperti 2009 dan 2010 sampai paddock harus dibikin tembok. Terasa juga Rossi tak memasalahkan Lorenzo dari kasus Sepang. Dia lebih banyak menyerang Marquez sejak dari Philip Island. Lorenzo teriak-teriak menghujatnya, Rossi ndak  terpancing. Rossi tahu diri sebagai pendatang dari Ducati.

Jujur saja buat penggemar Rossi, saat ini The Doctor punya pengalaman panjang membangun motor. Tetapi soal kecepatan, Rossi tak sama dengan umurnya masih di bawah 30 tahun. Justru sosok Rossi dulu, boleh dilihat pada sosok Marquez saat ini. Tentu tak mengaitkan cara bermain Marquez yang sudah berpolitik kendati dia masih anak muda. “Saya dengan Jorge ke depan nggak masalah. Hubungannya akan baik saja secara profesional,” jelas Rossi baru lalu usai balap di Valencia.

Selanjutnyamasalah kontrak yang sudah diteken untuk 2016. Kontrak ini berkekuatan hukum sebagai ikatan keduanya. Makanya usai finish dan terima piala, Rossi dan Lorenzo masih bisa berfoto bersama di Velencia. “Jorge dan Valentino sudah bekerja keras untuk Yamaha. Kami memiliki dua pembalap yang layak juara dunia,” jelas Massimo Meregalli, Team Director Movistar Yamaha MotoGP.

Begitu. Miolo

BACA JUGA

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Lorenzo Kembali Sepelekan Rossi, Sudah Tamat..!

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Rossi Tak Tahu Kapan Bisa Memaafkan Marquez

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Marquez Bantah Jadi Bodyguard, ‘Salahkan’ Pedrosa Gagal Kalahkan Lorenzo

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Rossi Kalah Segalanya Dari Saya, Itu Kata Lorenzo

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Sejarah Kata Rossi, Honda Kawal Yamaha Iring-Iringan Pengantin

MotoGP 2015 Valencia (Race): Lorenzo Juara Dunia, Selamat…!

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

 

BAGIKAN