nhk

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Marquez Bantah Jadi Bodyguard, ‘Salahkan’ Pedrosa Gagal Kalahkan Lorenzo

ManiakMotor – Tak ada peraturan yang melarang Marquez mengalah atau menyerang di lintasan. Meski begitu ia menolak disebut sebagau bodyguard atau pengawal Jorge Lorenzo di GP Valencia, Spanyol pada Ahad 8 November kemarin.

MM berdalih strateginya memang ingin mengalahkan JL di lap-lap terakhir. Taktik itu  seperti ia lakukan di Indianapolis lalu. Itu sebabnya ia lebih banyak berlindung pada Lorenzo dari terpaan angin sembari mendinginkan bannya. Makanya tetap kencang sampai akhir lap dengan cara melewati kembali Dani Pedrosa yang sempat melewatinya.

Sekadar tahu saja, Marquez bisa mencetak 1:31.945 ketika galak pada Pedrosa. Catatan yang sangat susah didapat Lorenzo sejak lap 25 ke atas, Lorenzo hanya bisa 1 menit 32 detik koma 2 ke atas. “Sungguh, saya dan Dani bertarung 100%,” tegasnya bawa-bawa nama Pedrosa dan begitu ceria saat bertemu Lorenzo di ruang tunggu menuju podium. Kan disebut sejak awal, Marquez terlalu polos dan memang masih seorang anak muda.

MM jelaskan ia juga harus menjaga performa ban depannya karena suhu lintasan yang panas. Karena itu juga, lanjut MM, ia sesungguhnya ambil resiko tersendiri dengan memaksakan diri mengikuti irama main JL selama 20-an lap awal. “Hari ini saya coba tarung 100% dan fight menjadi juara. Jika saya ingin melindungi Jorge, maka akan lebih baik saya berada 5 atau 6 detik di belakangnya. Bukan mengikuti iramanya dengan risiko tersendiri.”

Kesempatan menyalip Lorenzo menurut Marquez ia lihat dalam enam lap sebelum balapan berakhir. Ia sudah bersiap-siap tapi saat itu tiba-tiba Pedrosa menyalipnya dan sama sekali tak ia duga DP datang secepat itu.“Kemudian laju motor Dani sedikit melebar dan itu memudahkan saya menyalipnya kembali,” jelas MM seolah menegaskan kalau saat itu ia bukan beri perlawanan kepada rekan satu timnya, tapi DP melebar.

Katanya ada peluang kalahkan JL, lantas kenapa tak dilakukan? “Saat itu ada bendera kuning yang berkibar di lokasi. Lagipula, gara-gara manuver Dani maka laju motor Jorge makin menjauh sekitar setengah detik. Menjadi sangat tak mungkin mengalahkan Jorge saat itu meskipun saya sudah berusaha,” tambah MM.

Begitulah penjelasan MM. Logis atau tidak, percaya atau tidak, silakan pikir sendiri-sendiri. Yang jelas, tak ada aturan tertulis yang ia langgar. Ya macam  di Sepang juga tak ada regulasi yang ia labrak makanya tak kena pinalti. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2015, Moto2 2015, Moto3 2015

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Rossi Kalah Segalanya Dari Saya, Itu Kata Lorenzo

MotoGP 2015 Valencia (Pasca Race): Sejarah Kata Rossi, Honda Kawal Yamaha Iring-Iringan Pengantin

MotoGP 2015 Valencia (Race): Lorenzo Juara Dunia, Selamat…!

 

 

BAGIKAN