nhk

MotoGP 2015: Yamaha Tak Absen Test Pribadi, Yang Lain Ikut Semua, Ada Apa?

 

 

ManiakMotor – Aturan MotoGP soal off season wajib diikuti tim dan pembalapnya. Mereka harus menghentikan kegiatannya di sirkuit. Tujuannya mereka yang berkecimpung sepanjang 18 seri lalu kudu istirahat. Dilarang jadi seperti Bang Toyib yang tak pulang-pulang nemui keluarganya. Kalau ketahuan, ya kena penalti.

Jadwal resmi test untuk pramusim 2016 sudah dimulai di Valencia, Spanyol usai seri terakhir 2015. Kemudian ada kesempatan yang disebut test privat. Itu sudah dimanfaatkan semua tim dan merek, kecuali Yamaha. Suzuki mengambil test di Sepang, Malaysia pada 23 – 24 November 2015. Di sana Suzuki tak mempublikasikan catatan waktunya. Pembalap intinya Suzuki hanya Maverick Vinales yang muncul, lantaran Aleix Espargaro lagi cidera. Sedang Repsol Honda Team, Aprilia dan Ducati bersama tim satelitnya muncul di Jerez pada 26 – 27 November 2015. Di situ yang tercepat malah Scott Radding yang anak baru Ducati yang memperkuat tim satelit Pramac Ducati.  

Habis itu, kegiatan test dihentikan. Pembalap diharamkan muncul dengan motor MotoGP di mana pun di dunia ini. Mereka boleh ke sirkuit, tapi harus dengan motor lain. Contoh baru lalu Jorge Lorenzo membawa Yamaha R3 di sirkuit India. Nanti, setelah dua bulan istirahat akan muncul test resmi IRTA pramusim pada 1 – 3 Februari 2016 di Sepang, Malaysia. Mereka boleh ukur-ukur lawan dan kawan. Lalu berlanjut ke Losail, Qatar pada 3 – 4 Maret 2016.

Bukan berarti R&D dan trial dan error berhenti. Motor yang jadi edisi 2016 malah makin diutak-atik di pabrik divisi racing masing-masing. Tentu saja para insinyur racing bekerja atas data masukan hasil test Valencia dan Jerez, kalau Suzuki juga dari Sepang. Sengaja Valencia, Sepang, dan Jerez yang dipakai. Tujuannya untuk mencari data dari berbagai model tikungan sebagai patokan pengembangan. Apalagi yang dikembangkan memang ada, yakni elektronik 2016. Ditambah pula soal ban Michelin banyak masukan yang harus ditingkatkan. Nah itu urusan Michelin.  

Yang mengherankan dalam test privat usai test resmi pramusim 2016 di  Valencia, Yamaha tidak ambil bagian. Entah tim pabrikan diwakili Valentino Rossi dan Lorenzo atau pun tim satelit Yamaha Tech 3 bersama dua pembalapnya. Di saat sama, Rossi malah ikut reli mobil. Masih mendingan untuk melenturkan otot-otot.   Sedang Lorenzo seperti biasa jalan-jalan sembari nonton bola dan jadi bintang film.

Ada apa ya? Ya mungkin karena habis juara dunia, hehe. Tapi tenang bro, seperti tadi, walau libur, yang sibuk mereka yang berada di divisi racing Yamaha di Jepang sana. Ito

BACA JUGA

MotoGP: Luca Marini, Adiknya Rossi Ikut Full Moto2 2016 Bersama Forward Racing.

MotoGP Jelang 2016: KTM RC16 Sudah Mengaspal di Valencia Untuk Ikut Full MotoGP 2017

MotoGP: Macam Mana Model Permainan Rossi 2016, Umurnya Sudah 37 Tahun, Loh

MotoGP Jelang 2016: Berat Buat Marquez Bila Sering Memaksa, Bakal Bergelar Jatuh Mulu

Selebrasi Gelar Juara Dunia MotoGP 2015, Yamaha Bagi-Bagi Hadiah untuk Konsumen       

 

 

BAGIKAN