nhk

MotoGP 2016 Argentina (Jelang FP3/Q2): Cara Marquez Mengatasi Sirkuit Termas

ManiakMotor – Masih cerita kondisi sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina yang kotor, bergelombang pula. Lho bukannya ada tim survey dari panitia MotoGP? Ah biarlah, itu urusan mereka. Yang pasti di sirkuit tersebut sudah terjadi hari pertama kegiatan ronde 2 MotoGP 2016 yang diisi FP1 dan FP2.

 Yang keluar tercepat di hari pertama itu Marc Marquez dengan Honda RC213V. Hanya dia dan Dani Pedrosa, rekan setimnya di Repsol Honda Team yang bisa belari di bawah 1’42. Tepatnya kalau Marquez mencetak 1’41.579. “Saya pikir akan jerjadi perubahan dari sesi ke sesi. Tadinya berharap banyak perkembangan pada kondisi dari FP1 ke FP2, ternyata nggak banyak berkembang,” sebut Marquez yang disebut makin matang karena mulai nggak memaksakan keadaan yang sering membuatnya jatuh.

Maksudnya perubahn dari sesi ke sesi, jalur balap dengan sendirinya akan bersih dari debu. Dibersihkan oleh roda dan angin dari motor peserta. Juga dengan sendirinya ban menyatu dengan aspal, seiring  ausnya kompon karet dari peserta yang menempel pada racing line. Tapi kata Marquez nggak berubah signifikan perkembangnya dari FP1. Ya Marquez tercepat karena sering latihan dengan dirt track, tahu cara mengatasi sirkuit macam Termas.

Catatan masih selisih banyak dari waktu rata-rata sirkuit Termas. Si Marquez yang tercepat saja masih selisih 3 detik lebih. Itu tadi dipengaruhi lintasan ditambah pula regulasi baru. “Dalam kondisi begini tak ada cara lain, selain menyetel motor sebisanya dan coba lebih cepat di sesi selanjutanya dari FP3-FP4. Toh juga semua pembalap merasakan hal yang sama,” tambah Marquez yang bergelar Baby Alien pada rencana hari kedua di Argentina.

Prakirawan cuaca di Argentina juga memprediksi akan ada hujan dan badai pada Sabtu dan Minggu. Ramalam ini rada tepat karena Jumat malam usai FP2 juga hujan di sana. Tinggal siap-siap menyetel ban basah. Sekalian coba ban basah Michelin yang juga datanya masih nol. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina, Moto2, Moto3 Semua Sesi 1 – 3 April 2016

MotoGP 2016 Argentina FP2: Marquez Tercepat, Sirkuit Sangat Kotor. Licin!

MotoGP 2016 Argentina FP1: Dovizioso Tercepat, Rossi Bilang Sirkuit Teknik Yang Lucu

MotoGP 2016 Argentina Jelang Race: Perjalanan Valentino Rossi Selama 20 Tahun, Waw..!

MotoGP 2016 Argentina Jelang FP1/FP2: Viñales, Semoga GSX-RR Berbuah Manis Di Termas

BAGIKAN