nhk

MotoGP 2016 Argentina (Jelang FP3/Q2): Rossi ‘Pelankan’ M1-Nya Masuk-Keluar Tikungan, Kenapa?

 

ManiakMotor – Setiap masuk tikungan M1-nya selalu melambat ketimbang lawan-lawannya di papan atas. Bahkan oleh lawan semacam Tito Rabat kerap bisa mendekatinya di mulut belokan dan malah hampir diseruduk. Demikian juga keluar tikungan dengan on throttle alias saat membuka gas, putaran mesinnya diangkatnya  dengan ‘santai’.

Seperti itu kondisi Valentino Rossi di FP1 dan FP2 sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina pada hari pertama Jumat 1 April 2016.  “Tenang bro. Sirkuitnya sangat licin. Sulit memang untuk semua peserta, terutama sesi pagi (FP1). Lintasan kotor. Tapi sesi sore menjadi lebih baik, tapi tetap kesulitan. Harapannya kondisi trek bisa lebih grip di hari kedua, terutama hari Minggu,” kata Rossi yang hanya mencetak 1’42.565 yang membuat ke-7, hampir selisih 1 detik dengan yang tercepat.

Kalau didalami buat apa kebut abis dalam kondisi yang demikian, rugi kalau jatuh. Nggak maksa. Mengejar set-up juga percuma bakal tak terukur. Lebih baik menunggu seperti yang dikatakannya membaik hari kedua, ya harini Sabtu 2 April malam di di Indonesia.

Itu akan ‘dibantu’ pula oleh panitia membersihkan lintasan, selain debu diusir roda dan motor peserta. Juga grip diciptakan oleh sisa-sisa ban peserta yang melakukan latihan Moto3, Moto2 dan MotoGP, ditambah kalau ada kelas lokalan Argentina.   

Menurut Rossi dia ndak bisa cepat, lantaran motornya banyak bergeser masuk dan keluar tikungan. Bukan hanya roda belakang ketika terima power, tapi juga roda depan sebagai tumouan perpindahan bobot ketika masuk tikungan. “Harus halus memperlakukan motor. Jangan sampai bikin kesalahan yang keluar dari racing line, di area itu lebih kotor lagi dan tambah licin,” tambah Rossi yang saat jumpa pers bilang sirkuitnya lucu.

Memang harus menunggu kondisi akan membaik, jangan keburu nafsu. Tapi Rossi tetap mengakui Honda lagi cepat di hari pertama dengan dua pembalapnya 1 – 2. The Doctor juga berharap jangan sampai hujan seperti ramalan BMKG di sana. Baginya kering terus dengan segala kondisi, masih lebih baik. Ito 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina, Moto2, Moto3 Semua Sesi 1 – 3 April 2016  

MotoGP 2016 Argentina (Jelang FP3/Q2): Cara Marquez Mengatasi Sirkuit Termas

MotoGP 2016 Argentina FP2: Marquez Tercepat, Sirkuit Sangat Kotor. Licin!

MotoGP 2016 Argentina FP1: Dovizioso Tercepat, Rossi Bilang Sirkuit Teknik Yang Lucu

MotoGP 2016 Argentina Jelang Race: Perjalanan Valentino Rossi Selama 20 Tahun, Waw..!

BAGIKAN