nhk

MotoGP 2016 Argentina (Jelang Lomba): Marquez Akan Tunggu Ban Pengganti

ManiakMotor – Siapa pun pembalap berteriak dan ngedumel soal ban, termasuk Marc Marquez yang pole position. Betapa tidak, dari FP1 sampai FP4 di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, mereka sudah melacak setelan ban bersama perintilannya. Sudah ngepas..!

Tapi jelang lomba Minggu 3 April, semua data soal ban harus dari nol. Ganti ban baru dari Michelin, karena medium dan hard ditarik panitia. Ya takutnya meletus saat dipakai lomba, coba baca ini;MotoGP 2016 Argentina: Gawat..! Ban Medium Dan Hard Ditarik Michelin Jelang Lomba, Ganti Tipe Lain.

Apalagi si Marquez adalah pelopor dalam catatan waktu dengan kondisi sirkuit yang kotor. Maksudnya dia yang selalu mengganti catatan waktu hingga jadi patokan peserta lain. “Setelah keputusan  Michelin, Minggu kembali dari awal lagi. Semua peserta mencoba spesifikasi ban berbeda dari yang digunakan FP1-FP4. Tinggal menunggu dan melihat cara kerjanya,” pasrah Marquez yang terjatuh saat Q2, tapi katanya ok.

Harapan Marquez nggak terlalu banyak perbedaan karakter ban pengganti medium yang ia gunakan. Sekadar catatan saja, hard juga ditarik. Kalau nggak banyak beda, artinya gaya membawa nggak banyak disesuaikan ulang. Demikian pula settingan motor, walau ada tambahan sesi 30 menit untuk mencoba ban ini.

Seperti disebut tadi, RC213V Marquez yang punya inisiatif mengubah time makin cepat, sekalian saat dia jadi pole. Penggunaan ban pertama dia sudah mencetak 1’39.411. Sayang catatan tersebut ndak bisa dipertajam karena jatuh pada usahanya terakhir. “Motor memang enak di Argentina. Soal jatuh itu, lantaran ada perubahan set-up, juga saya terlalu keras mendorongnya,” pungkas Marquez yang berarti dua kali jatuh, satunya di FP2. 

Mantaplah, tunggu ban. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina, Moto2, Moto3 Semua Sesi 1 – 3 April 2016

MotoGP 2016 Argentina: Gawat..! Ban Medium Dan Hard Ditarik Michelin Jelang Lomba, Ganti Tipe Lain

MotoGP 2016 Argentina Q2: Kualifikasi Marquez Tercepat Dan Jatuh, Rossi Kedua, Lorenzo

MotoGP 2016 Argentina FP4: Michelin Robek, Lorenzo Jatuh, Marquez Tercepat, Iannone 2, Rossi 3

MotoGP 2016 Argentina FP3: Marquez Tercepat, Lorenzo Kedua, Rossi Nyaris?

BAGIKAN