nhk

MotoGP 2016 Argentina (Jelang Race): M1 Rossi Punya Kecepatan, Soal Ban Mainkan Pengalaman

 

ManiakMotor – Di usaha terakhir di ujung sesi, dari sektor satu sampai sektor dua, catatannya selalu min alias minus. Maka indicator merah. Itu tandanya lebih cepat dari yang tercepat yang sudah melakuan Q2. Tapi di sector tiga drop dan sector 4 kembali bersaing dengan warna oranye.

Itu yang dilakukan Valentino Rossi bersama M1-nya saat kualifikasi Q2. Dia bisa melawan dengan keras. Bahkan sempat tercepat di penggunaan ban pertama sebelum dilumat Marc Marquez dan akhirnya di grid ke-2 dengan 1’39.786. “Tahun lalu hasil kualifikasi kurang bagus, tapi lomba fantastis. Sekarang kualifikasi oke, lomba harusnya lebih oke,” kata Rossi dengan mimik yang riang menyambut race-day Ahad 3 April 2016 di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Dilihat dari FP4 dan kualifikasi, M1 Rossi boleh unggul di tikungan-tikungan cepat. Motornya menjejak lintasan dengan apik. Kendati lintasan bumpy, M1 tetap ‘diam’ dengan menikung kecepatan tinggi. Pokoknya nggak banyak goyang untuk minta dikoreksi arah motonya. Termasuk di R1 yang tricky yang banyak menjatuhkan motor peserta. Itu berarti setinganya dapat. Entah untuk motor set-up catatan rata-rata diperkirakan untuk kecepatan lomba seperti terlihat FP4  dan kencang-kencangan macam Q2.

Maka itu Rossi bersyukur seperti doanya di hari pertama, bahwa tingkat senyawanya ban pada trek berkembang seiring bersihnya jalur pada sirkuit. Dan itu terjadi. Karenanya dia bisa kebut sampai limit. “Motor juga memliki kecepatan yang bisa diandalkan. Saya pikir penantang saat lomba adalah si Marc. Dia punya motor yang laju. Tapi saya punya pace yang baik untuk ke podium,” kata Rossi tanpa sebut Jorge Lorenzo yang satu baris dengan dirinya di front row atau ke-3.    

Soal penggantian ban, tentu Rossi akan memainkan pengalamannya. Itu kan untungnya pemain yang punya jam terbang tinggi, malah paling tinggi dari semua peserta. Sekadar tahu saja, ban medium dan hard ditarik Michelin karena dianggap kurang aman dan diganti kontruksi berbeda. Padahal dua tipe belakang ini paling banyak digunakan di Argentina. Juga jadi pilihan untuk lomba dengan panas trek mencapai 44oC. Coba baca ini; MotoGP 2016 Argentina: Gawat..! Ban Medium Dan Hard Ditarik Michelin Jelang Lomba, Ganti Tipe Lain.

Menurut Rossi, alokasi baru itu akan banyak mengubah situasi. Dia pikir ban lunak doang yang ditarik. “Ternyata harus  balapan dengan ban yang belum pernah dicoba sebelumnya. Dengan keputusan itu, ya arus dari nol lagi. Harus cepat adaptasinya dengan durasi 30 menit di sesi pagi Minggu untuk coba ban ini. Semua ini harus dihormati demi safety, kita dalam perahu yang sama,” tutur Rossi.

Makin bijak ya, hehe. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina, Moto2, Moto3 Semua Sesi 1 – 3 April 2016

MotoGP 2016 Argentina (Jelang Lomba): Marquez Akan Tunggu Ban Pengganti

MotoGP 2016 Argentina: Gawat..! Ban Medium Dan Hard Ditarik Michelin Jelang Lomba, Ganti Tipe Lain

MotoGP 2016 Argentina Q2: Kualifikasi Marquez Tercepat Dan Jatuh, Rossi Kedua, Lorenzo

MotoGP 2016 Argentina FP4: Michelin Robek, Lorenzo Jatuh, Marquez Tercepat, Iannone 2, Rossi 3

BAGIKAN