nhk

MotoGP 2016 Argentina Jelang Race: Pengumuman Rece Direction Soal Ban

ManiakMotor – Hujan pada Minggu pagi 3 April di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, memang mengacaukan jadwal sesi tambahan. Tadinya sesi ini untuk coba ban pengganti setelah ditariknya medium dan hard.

Karena gagal pagi, sengaja  sesi warm up ditambah 10 menit, karena kalau kering peserta diwajibkan pakai ban pengganti untuk adaptasi. Tapi faktanya, sesi pemenasan tersebut basah. Itu artinya pakai ban basah yang normal atau sesuai alokasi.

Ketika lomba dengan asumsi pemenasan kondisi kering dan lombanya kering juga, maka jumlah lap normal atau 25 lap.

Tapi tadi, pemenasan sudah berlangsung basah alias ban pengganti nggak pernah dicoba, berarti jumlah lapnya nggak normal.  Maksudnya kalau saat lomba kering, boleh pakai belakang slick medium atau keras sesuai alokasi ban untuk Argentina, masih pakai ban yang ditarik tersebut. Namun, race menggunakan sistem flag to flag dalam 20 lap dibagi dua. Berarti harus masuk pit ganti ban pada lap 9, 10 atau 11. Ini wajib demi keamanan agar ban tak terkelupas seperti kasus Scott Redding kemarin.

Jika balapan dimulai basah dan dalam lomba trek mengering, Race Direction akan memutuskan apakah itu aman untuk terus atau dihentikan dengan bendera merah. Bila dihentikan, diberi waktu kesempatan 15 menit untuk restart dan balapan hanya sepuluh lap sesuai keamanan ban.

Jika balapan dimulai dalam kondisi basah dan tetap basah sepanjang balapan, maka normal 25 lap, karena pakai ban basah. Demikian dari Race Direction.

Tapi kelihatannya mulai kering tuh. Walah rame. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Argentina, Moto2, Moto3 Semua Sesi 1 – 3 April 2016

MotoGP 2016 Argentina: Warm up Hujan, Belum Coba Ban Pengganti, Iannone Tercepat

MotoGP 2016 Argentina: Hujan, Ekstra Latihan Bebas Coba Ban Pengganti Ditiadakan

MotoGP 2016 Argentina (Jelang Race): Kans Ducati Tetap Ada, Lihat Hasil FP4 Dan Q2

MotoGP 2016 Argentina (Jelang Race): Lewat Pedrosa, Kembali Ke Format 4 Jagoan

BAGIKAN