nhk

MotoGP 2016 Argentina (Jelang Race): Pertarungan Rossi Cs, Sama Nggak Punya Data Ban, Awas JL

 

ManiakMotor – Di Qatar pembalap dan tim punya bekal percaya diri. Dua minggu sebelum ronde 1 di Qatar, ada tes pramusim di Losail.  Di Argentina dengan aturan 2016 terutama ban, semuanya blank. Adil, semoga para joki satelit yang kusut di Qatar akan memanfaatkan celah tersebut. Paling tidak meramaikanlah.

Harusnya menarik sejak sesi latihan bebas pertama. Nah FP1 dan 2 akan dimulai Jumat 1 April di sirkuit Termas de Rio Honda. Tim dan pembalap dipacu membangun settingan segera. Modal ke sesi-sesi berikutnya, terutama race day. “Di seri pertama ban dan elektronik baru ada gambaran dari tes pramusim di sirkuit yang sama. Di Argentina nggak ada data dan pengujian apa pun. Di situlah menariknya,” kata  Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha yang diiyakan Valentino Rossi.

Bahwa, Termas punya karakter berbeda, ya itu pasti. Dan yakin akan disetuji semua tim dan pembalap. Karena berada di benua Amrik. Sebagai gambaran buat yang paham balap, suhu trek di Losail bermain 28oC. Di Termas seperti tahun-tahun sebelumnya mencapai 43oC. Elmu kira-kiranya ban soft kemungkinan tak akan terpakai. Sama dengan di Losail, tipe hard di roda belakang sama sekali tak disentuh.

Berarti yang bisa ke depan adalah tim dan pembalap cerdas. Eiit pembalap di MotoGP, cerdas semua bro. Apalagi tim kaya, sanggup membayar SDM yang cerdas juga. Berarti balapan yang dekat-dekatan, padat merayap. “Persoalan dari Qatar berusaha memperbaiki jenjang yang besar dengan mereka yang di depan. Khusus saya harus bekerja keras lagi terhadap elektronik dan ban. Apalagi tahun lalu saya nggak ikut balap di sini,” nelangsa Dani Pedrosa yang membela tim elite Repsol Honda Team.        

Tambah dag-dig-dug, Michelin pemasok karet hitam ndak unya data yang banyak di Argentina. Bahkan mereka belum bisa menentukan tipe ban mana yang nanti banyak dikonsumsi sampai lomba.  “Itu tantangan buat ban kami. Masih terus dianalis dan dikaji ban yang sangat pas dengan tipikal aspal dan suhu Termas,” lanjut Nicolas Goubert, Direktur Two-Wheel Motorsport Group Michelin.

Meneropong yang punya peluang dari  perjalanan tiga kali tes pramusim, karena pertama kali tes juga sama-sama ‘kosong’. Yang dianggap cepat menyatu adalah Jorge Lorenzo dengan M1-nya seperti ia lakukan di tes Sepang dan Losail. Dalam tiga tes tersebut dia mendapat kawalan dari Rossi, rekan setimnya. Tapi itu di atas kertas. Di atas aspal saat lomba cerita bisa lain. Contoh Andrea Dovizioso yang nggak kedengaran Ducati-nya dari semua tes pramusim tapi kedua di Qatar. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Argentina 2016 Jelang FP1: Tenaga Melimpah-Limpah Desmosedici, Modal Dovizioso dan Iannone

MotoGP Argentina 2016 Jelang FP1: Semua Baik Dari Rossi, Tinggal Balap Harus Lebih Baik

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Lorenzo Belum Jawab Kontrak Yamaha, Bicara Ronde 2 Dulu

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Sabtu Kemarin, Rossi Masih Main Dirt Track Tuh

    

BAGIKAN