nhk

MotoGP 2016 Argentina (Pasca Race): M1 Kedua Keteteran, Podium 2 Rossi Keberuntungan

ManiakMotor – Keberuntungan juga dari Tuhan, berkah alias barokah. Itu yang didapat Valentino di ronde 2 GP Argentina pada Ahad 3 April 2016. Di akhir-akhir lap sudah disalip tiga pembalap dan sudah sulit dikejar ulang, tapi ketiganya jatuh di depan mata Rossi sendiri. Dia pun masuk finish dengan gesture bersyukur dengan podium keduanya.

Beda lagi kalau kinerja dua M1 Rossi sama baiknya yang diganti maupun pengganti.  Pada race menganut flag to flag memang faktanya kudu mengandalkan dua motor sama ampuhnya, malah kalau perlu motor kedua lebih dahsyat. “Ternyata motor kedua bermasalah besar dengan ban belakang,” papar Rossi yang membuatnya jadi serba hati-hati.

Kalau begitu settingan motor kedua yang kurang, dong. Kan kalau cerita ban sama kualitasnya. Ayo, mari lihat fastest lap Rossi pribadi, terbaiknya diperolah pada lap 8. Dia cetak 1’40.635 atau saat pakai motor pertama. Motor kedua diganti pada lap ke-10, lap ke-12 dia hanya mencetak 1’41.2. Bandingkan dengan Marc Marquez yang jadi musuhnya saat pakai motor pertama, pada lap 12 sudah mencetak 1’40.2.  

Masalah ban hubungannya dengan grip.  Kalau nggak punya grip otomatis kalah akselerasi. Bukaan gas sudah tak sebesar dan ‘sekasar’ dari  motor pertama. Titik pengereman juga harus dilakukan lebih mulur. “Di salip tiga pembalap di akhir lomba karena motor sulit dihentikan. Untuk menyalip ulang akselerasi kurang agresif, grip kurang,” pasrah The Doctor.

Dilihat dari data lengkap, macam Marquez justru motor kedua lebih apik. Sama dengan dua Andrea pakai Ducati dan Maverick Vinales (Suzuki) yang ketiganya sempat menyalip Rossi, motor kedua mereka lebih laju. Beda dengan Rossi yang justru motor kedua kurang performanya.

Apa salah strategi, malah pakai motor pertama untuk babak pertama. Sedang musuhnya pakai motor cadangan di babak pertama, motor utama malah disiapkan di babak kedua. “Apa pun itu, poin 20 sudah sangat besar dalam kondisi lomba seperti ronde 2 ini,” pungkas Rossi.

Benar itu, berkah. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Argentina Jelang Race: Pengumuman Rece Direction Soal Ban

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Argentina, Moto2, Moto3 Semua Sesi 1 – 3 April 2016

MotoGP 2016 Argentina (Race): Marquez Juara, M1 Kedua Rossi Payah Tapi Kedua, Lorenzo Jatuh

MotoGP 2016 Argentina: Warm up Hujan, Belum Coba Ban Pengganti, Iannone Tercepat

BAGIKAN