nhk

MotoGP 2016 Argentina (Pasca Race): RC213V Marquez Yang Kedua Membuatnya Menang

ManiakMotor – Balapan MotoGP dua babak. Walau baru ganti motor kedua, Marc Marquez tetap konsisten pada 1’40.  Itu yang membuatnya bisa meninggalkan musuhnya terutama Valentino Rossi yang pada motor pertama saling bergumul dengannya. Terjadinya pada ronde 2 MotoGP 2016 di sirkut Termas de Rio Hondo, Argentina pada Ahad 3 April di sana. Balapan yang tidak normal. 

Gara-gara daya tahan ban Michelin, lomba hanya berlangsung 20 lap – dari jatah 25 lap – itu, pun dibagi dua, namun Marquez punya perbekalan mental yang banyak. Didukung kinerja dua motor yang diganti mau pun pengganti sama antepnya. “Saya mendorong 100 persen terutama lima lap awal usai ganti motor,” sebut Marquez yang saat terirma piala terpeleset di mimbar podium.  

Marquez usai ganti motor, satu pusingan kemudian kecepatannya malah lebih laju dari lap ke-9 sebelum masik pit. Itu sama saja, Marquez tidak berpikir untuk menunggu ban panas. Dia sangat percaya diri dan yakin akan alat pemanas (tire warmer) dari karet hitamnya. Itu bagian dari adu nyali soal ban juga sih. Bandingkan dengan musuh terdekatnya beda 1 detik lebih usai ganti motor.  

Good job juga buat Repsol Honda Team yang mampu menyodorkan set-up dua motor yang perfomanya sama pada MM. Nggak kelihatan di antara dua motor itu, mana yang cadangan. Mutunya sama. Dua-duanya motor utama. Keduanya punya akselerasi yang sama, memiliki handling yang podo dan pokoknya settingnya yang samimawon bah. 

 Tetapi menurut Marquez yang sudah dua kali juara di Argentina itu, justru motor kedua yang lebih enak. Makanya jarak 7,679 detik dari posisi kedua dibangunnya pada motor kedua. Bahkan juga dengan fastest lap. “Saya tahu, justru babak kedua itu jadi kuncinya dari system flag to flag. Terimakasih pada Honda yang sudah bekerja keras untuk itu. Dan ini penting ronde-ronde ke depan,” pungkas Marquez yang ogah mengulang kesalahan model lomba yang sama di Australia 2013. 

Selamat juga deh pada balapan yang diperintah Michelin itu, hehe. Ito      

BACA JUGA

MotoGP 2016 Argentina Jelang Race: Pengumuman Rece Direction Soal Ban

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Argentina, Moto2, Moto3 Semua Sesi 1 – 3 April 2016

MotoGP 2016 Argentina (Race): Marquez Juara, M1 Kedua Rossi Payah Tapi Kedua, Lorenzo Jatuh

MotoGP 2016 Argentina: Warm up Hujan, Belum Coba Ban Pengganti, Iannone Tercepat

BAGIKAN