nhk

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Berkat Motor Matik ‘Curian’, Grid Marquez Tertolong

ManiakMotor – Trek basah Assen saat sesi Q2 bikin puyeng Marc Marquez. Ia merasa belum siap dengan set-up basah. Tapi, cuaca Assen yang tricky dan sulit ditebak membuatnya tak punya pilihan selain jajal dengan setingan sekenanya saat kualifikasi pada Sabtu 25 Juni 2016 .

Akibatnya, MM terjungkal. Begitu bangun langsung lari ke luar lintasan. Maksudnya kembali ke pit untuk pakai motor cadangan. Saat itulah ia melihat ada matic alias scooter nganggur, lengkap dengan kuncinya. Seperti ‘maling’ di siang bolong, MM langsung membawa itu motor. “Aku tak punya pilihan. Tak ada marshall yang mendekat sementara harus secepatnya kembali ke pit. Kebetulan ada motor berikut kuncinya, ya aku sikat,” ujar MM, berikut senyum manisnya. Ya untung matik yang dibawa kabur juga Honda, hehe.

Ia melihat motor itu berada di dekat Tino, seorang fotografer, dan merasa motor itu miliknya. “Aku tanya Tino apakah boleh meminjam. Ia bilang oke, tapi kalaupun ia bilang tidak maka pasti tetap saya pakai,” sambung MM yang saat bertanya itu justru sudah menghidupkan mesin motor dan siap kabur.

Berkat motor colongan itu MM tiba tepat waktu di pit guna mengambil motor cadangan. Motor cadangan itu juga buru-buru diah disiapkan timnya meskipun setingannya masih untuk lintasan kering. Waktu yang mepet membuat MM hanya punya kesempatan dua lap timing.

Pada kesempatan kedua dan terakhir itulah ia mencetak waktu 1:46,430. Itu  sekaligus menempatkannya di grid 4 saat start balapan Minggu (26/6). “Motor itu berikut kinerja tim mempersiapkan motor cadangan benar-benar membantu. Urutan 4 dalam situasi demikian sudahlah bagus,” lanjut MM yang bilang tak tahu sebab ia terjatuh padahal lagi pelan.

Wah, pembalap tulen, ndlosor deras begitu masih dibilang pelan! “Mungkin karena ceroboh. Mungkin juga karena masalah teknis di bagian depan, misalnya ban depan yang terasa terlampau ringan dan sudah terjadi beberapa kali musim ini, terutama saat motor digeber pada gigi 5.”   

Lantas bagaimana soal raceday? “Jika cuacanya masih seperti hari ini, maka segala sesuatunya ibarat lotere, sulit ditebak. Bisa jadi balapan berlangsung seperti di FP4, banyak kecelakaan,” tandasnya sembari menambahkan harus siap tempur di semua kondisi. Soal hasil, ya itu tadi, sulit ditebak! Eh ngomong-ngomong matiknya sudah dikembalikan, blum? Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3 Semua Sesi 24 – 26 Juni 2016

MotoGP Assen 2016 Jelang Race Basah Dan Kering, Rossi Tetap Hayoooo, Goooo…!

MotoGP Assen 2016 Q2: Dovizioso Pole, Rossi Kedua, Marquez Ke-4, Lorenzo 11

MotoGP Assen 2016 FP4: Marquez Tercepat, Rossi Ke-2, Lorenzo Ke-8

BAGIKAN