nhk

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Pengakuan Dovi, Dibantu Rossi Raih Pole, Juga Memujinya

ManiakMotor – Sebuah kejutan kala Andrea Dovisiozo (Ducati) menjadi pole sitter di GP Belanda, Minggu (26/6). Apalagi dengan gap telak 0.715 detik atas Valentino Rossi di urutan kedua. “Jujur saja, tak menyangka secepat itu,” tutur Dovi yang juga rider Italia macam Rossi.

Tadinya Dovi berencana hanya sekali run atau hanya pakai satu ban segar saja dalam sesi Q2. Tapi, setelah mencoba Desmosedi di lintasan basah, ia mengubah rencana jadi dua kali. “Setelah dua lap saya putuskan mengubah strategi, karena motor lagi bagus. Setelah masuk pit dan run kedua, hanya tersisa waktu untuk satu lap. Saya kira lebih baik mencoba dengan ban baru,” kata Dovi yang pada kesempatan terakhir itu mencetak 1:45,246 sekaligus pole, padahal best lap sebelumnya hanya 1:47,638.

Ia akui catatan waktu itu tak hanya karena ban segar dan kondisi trek yang sebagian sudah kering, tapi juga ditolong oleh catatan waktu dari Rossi. Dovi merasa beruntung menambah satu lap ekstra dan kebetulan momennya terjadi setelah Rossi torehkan waktu terbaiknya, 1:45,961.

Di saat sama, persis dia berada di belakang Rossi. Pasti niru-niru sikit racing line di saat basah. “Punya referensi dari catatan waktu Valentino,  itu agak memudahkan saya pada lap tersebut,” ceritanya sambil menyebut Rossi adalah pembalap yang punya pace terbaik di Assen.

Ia paham betul kalau dalam satu lap motornya bisa lebih kencang dari M1 The Doctor, tapi akan lain ceritanya dalam balapan yang berdurasi 26 lap. “Pace kami tak sebaik Valentino. Jika raceday dalam kondisi kering, saya yakin Valentino tercepat. Ia konsisten, dan hanya bisa dilawan jika kami juga mampu konsisten sampai akhir balapan,” terangnya. 

Ia sendiri berambisi fight melawan sejawatnya satu negara itu. Tapi dengan catatan pasukan teknis di bawah komando Luigi Dall’Igna mampu membenahi beberapa persoalan teknis, agar  Ducati konstan sepanjang balapan.  Tidak seperti selama ini, galak di lap awal kemudian kendur belakangan, karena pembalapnya ikut kendur fisik dan otaknya sibuk ‘mendiamkan’ Desmosedici. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3 Semua Sesi 24 – 26 Juni 2016

MotoGP Assen 2016 Jelang Balapan: Rossi Takut Saat Balapan Harus Ganti Pakai Mesin Kedua

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Berkat Motor Matik ‘Curian’, Grid Marquez Tertolong

MotoGP Assen 2016 Jelang Race Basah Dan Kering, Rossi Tetap Hayoooo, Goooo…!

BAGIKAN