nhk

MotoGP 2016 Assen (Race): Makin Jauh Dari Yamaha, Marquez Serasa Juara

ManiakMotor – Sehari sebelum balapan GP Belanda, Marc Marquez bilang hasil akhir ibarat lotre jika balapan berlangsung di tengah hujan. Betul hujan, dan ia tiba di garis finish urutan kedua tapi serasa mendapatkan lotre berhadiah besar.

Saat red flag berkibar di race pertama, MM terlihat  tampak kecewa. Saat itu ia sudah mendapatkan irama balap yang stabil dan mulai merapat ke rombongan depan. Tapi, usai balapan, ia akui keputusan menghentikan race sangat tepat karena kondisi lintasan berbahaya.

Saat restart untuk 12 lap sisa, MM mengaku tak ingin kejar Andrea Dovisiozo dan Valentino Rossi. Fokusnya hanyalah menjaga posisi agar bisa finish saja tanpa kehilangan terlampau banyak poin. Ia main aman karena rentan celaka seperti beberapa kali ia alami saat wet race. “Mereka berdua kemudian crash. Saat Jack (Miller) menempel, saya biarkan saja ia lewat untuk meraih kemenangan pertamanya, sembari berjaga-jaga agar tak terlempar ke posisi ke-3,” ucap MM.

Ia akui skenario cari aman itu dilakoni karena posisi Jorge Lorenzo saat itu jauh di belakang sementara Rossi sudah kehilangan poin. Dua joki utama Yamaha itu lawan utama MM di klasemen. Finish kedua dengan tambahan poin 20 membuat Marquez serasa jadi juara, Lorenzo sendiri hanya ke-10 dengan 6 poin. “Pada akhirnya kami meninggalkan Belanda dengan keunggulan poin yang lebih besar,” tukas MM yang tengah merenda perburuan gelar jurdun kali ketiga di MotoGP setelah menjadi jurdun 2013 dan 2014. 

Ia kini mantap di puncak klasemen dengan total poin 145, diikuti Lorenzo (121) dan Rossi (103). Ya, benar begitu! Tapi, jangan lupa omongan Rossi bahwa perburuan belum finish dan Belanda masih jauh. Kompetisi masih panjang, masih ada 10 seri. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Moto2, Moto3 Semua Sesi 24 – 26 Juni 2016

MotoGP 2016 Assen (Race): Rossi Galau, Jack Miller Jadi Penghiburnya

MotoGP 2016 : Galang Hendra Udah Tak Sabar Dipoles Valentino Rossi

MotoGP Assen 2016 Race: Lorenzo Udah Malas Balap dan Pengen Berhenti. Eh, Dapat Point!

BAGIKAN