nhk

MotoGP 2016: Aturan Elektronik Baru, Unggulan Tetap Motor Rossi Cs

 

ManiakMotor – Bukannya mensejajarkan balap Indonesia dan MotoGP. Secara dasar keduanya sama-sama pakai mesin motor bakar. Di Indonesia saat peralihan dari karbu ke ECU yang muncul tetap tim yang lama yang langganan juara. Mereka memang punya dasar motor kencang dan dana. Dia-dia juga, tim finansialnya mantap..!  

Hal sama akan terjadi di MotoGP 2016 setelah elektroniknya jadi seragam dengan ban baru Michelin. Yang akan muncul tetap tim pabrikan yang punya pohon duit. Termasuk Suzuki yang sebelum meninggalkan MotoGP sesekali punya perlawanan. Disebut sesekali, pohon duitnya kurang rimbun. Lihat sajalah penjualan Suzuki di Indonesia bagian dari ranting pohon, becanda bro.

Dorna Sports CEO Carmelo Ezpeleta ketika mengajukan proposal soal ECU tunggal bicara panjang lebar kelebihannya. Katanya, ECU buatan Magneti Marelli itu untuk bikin pertarungan menarik. “Supaya antartim tidak beda jauh kekampuannya,” kata si bos yang usulannya banyak ditentang Honda dan Yamaha pada awalnya.

Katanya cuma tidak bedah jauh, bukan berarti sama rata kan. Lha wong dana setiap tim beda kok. Biang utama motor itu sendiri macam tim utama Honda dan Yamaha, sudah punya basis kuat. Keduanya telah menemukan cetakan mesin yang powernya sudah sampeyan lihat pada edisi-edisi sebelumnya.Begitu kehilangan elektronik yang bikin mudah joki, mesin itu tetap kencang.

Belum lagi rangka yang geometrinya presisi yang bisa diatur-atur. Belum lagi suspensi yang para ahli dari Ohlins yang menanganinya. Memang komponen ini tidak secara langsung bikin kencang, tapi bisa menyalurkan power dengan nyaman terkendali yang ujungnya juga kencang. Juga akan konsisten saban lap.

Itu semua dibangun oleh SDM yang dibayar mahal dan hanya tim yang berduit itu yang bisa bayar. Mereka pilihan terbaik di muka bumi ini di bidiang ngencangin motor. Belum lagi joki-joki mahal yang hanya mereka juga yang boleh bayar. Jadi, kehilangan elektronik yang supercanggih digunakan sebelumnya memang ngaruh, tapi tetap saja unggul. Ya tetap Rossi cs yang 2015 peringkat 1 – 4 yang tetap dominan 2016. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Rossi Hentikan (Unfollow) Pertemanan Dengan Lorenzo dan Marquez Di Twitter/Instagram

MotoGP Jelang 2016: Lorenzo Koar-Koar Lagi Soal Sponsor Tuh, Tuding Media Italia

MotoGP 2016: Michelin Dan Rossi, Segera Dapat Set-Up, Masa Lalu Anak Emas..!

MotoGP Jelang 2016: Rossi Masih Berpeluang Dengan Regulasi Baru, Bisa Makin Ganas..!

MotoGP Jelang Test Sepang 23 November 2015; Aleix Espargaro Absen, Kecelakaan Masuk Rumah Sakit

     

BAGIKAN