nhk

MotoGP 2016 Austin Amerika (Jelang FP1): Marquez Selalu Unggul Torsi Kuat Pada Motornya

ManiakMotor – Torsi yang kuat dari mesin RC213V menjadi kuncian pemain Honda di sirkuit Austin. Lebih-lebih Marc Marquez yang diuntungkan akselerasi yang kaya tersebut. Dia telah ciptakan tiga pole yang semuanya dikawinkan dengan podium pertama selama GP Amerika sejak 2013. 

Diakui sendiri oleh Marquez menuju ronde 3 di sirkuit Austin, Amerika pada 10 April 2016. Tiga kali tampil di Austin semuanya mengandalkan akselerasi yang agresif. “Di masa lalu memang begitu. Austin butuh percepatan (akselerasi) yang kuat. Ini menjadi point tersendiri buat motor kami. Ditambah memang sirkuitnya cocok yang saya sukai,” kata Marquez menjelang Austin dan diperkuat lagi saat bicara di jumpa pers wajib jelang GP Amrik, bahwa sirkuit tersebut sesuai bentuk permaionannya.

Kenapa Austin butuh akselerasi yang kuat? Asyik, ada pertanyaan dari penulisnya sendiri. Dijawab sendiri juga oleh penulisnya. Sederhanya, ada tujuh tikungan dari 20 belokan yang modelnya ‘V’. Masuk ke tikungan ini persneling kudu diumpan sampai ke gigi rendah, karena modelnya bukan model ‘U’ yang menikungnya boleh dibuat parabolik. Kalau sebut gigi rendah, untuk menaikan ke gigi tinggi kembali, butuh akselerasi yang kuat menuju tikungan berikutnya.

Bahkan 2013 di saat Yamaha belum pakai SSG, Honda unggul telak dalam torsi yang hasilnya akselerasi tersebut. Pada 2014 walau Yamaha sudah pakai SSG tetap saja masih kalah karena SSG-nya hanya aktif naik gigi. Padahal butuh perlakuan yang sama saat turun gigi. Tahun lalu, walau M1 sudah full SSG tetap dasar karakter mesin dan bodi, memang Honda unggul seperti dikatakan Marquez.

Bukan hanya RC213V Marquez. Kecuali tahun lalu saat Dani Pedrosa cidera, podium kedua jatuh pada Ducati. Entalah dengan aturan baru sekarang yang di Argentina, Michelin gagap soal racikan komponnya. Di saat sama, elektronik seperti di Austin ini makin minta bantuan joki kinerjanya. Sirkuit lincah.  “Akan kerja keras seperti yang dilakukan di Argentina. Harus menemukan langkah terbaik untuk balapan,” pungkas Marquez yang mulai ke jati dirinya memerlakukan RC213V dengan aturan sekarang seperti di Termas de Rio Hondo,

Sekadar info, FP1 sudah mulai sebentar malam sampai pagi di Indonesia waktu Jakarta.Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016 

MotoGP 2016 Amerika: Rossi ‘Kocok’ Mental Lorenzo Segera Ke Ducati Atau Bertahan?

MotoGP 2016 Austin (Jumpa Pers): Marquez Akselerasi, Rossi Roda Depan, Lorenzo Soal Kontrak

MotoGP 2016 Amerika; Lorenzo Lihat Dulu Austin, Ke Ducati Akan Ditentukan Di Eropa?

MotoGP 2016 Jelang Amerika; Ducati Justru Lebih Cemerlang Awal Tahun Lalu

BAGIKAN