nhk

MotoGP 2016 Austin Amerika: Masalah Ban, Rossi Malah Minta Ducati Memperbaikinya

 

ManiakMotor – Kemarin saat jumpa pers jelang Amerika dibahas masuk pit ketika ganti motor. Soalnya di Argentina saat acara gonta-ganti motor ketika lomba (flag to flag) Alvaro Bautista terjatuh di area pit. Pengakuan Bautista di terlalu mengerem mendadak di area basah. Untung saja nggak ada yang diseruduk.

Berbagai usulan pun masuk dari pembalap. “Misalnya kecepatan motor dibatasi lebih pelan dari sebelumnnya di area pit. Sampai jumlah mekanik yang dikurangi yang tangani pergantian motor. Agar pit tidak terlalu ramai,” ucap Marc Marquez yang diiyakan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Sementara untuk kasus ban sehingga terjadinya flag to flag di Argentina, Rossi meminta Ducati lebih perhatian. Kasus ban ini hanya terjadi pada Ducati terutama dari tim satelitnya. “Semua telah melalui tes. Juga sudah balapan di Qatar dan Argentina. Yamaha tidak pernah bermasalah dengan ban. Kami  siap untuk balapan 25 lap. Bahkan suhu ban pun normal pada motor kami. Jadi dalam hal ini Ducati harus memperbaiki masalah mereka,” imbau Rossi.

Kasus pertama memang terjadi di tes Sepang lewat Loriz Baz (Avintia Ducati) yang bannya terbelah. Ketahuan saat itu, tekanan angin pada ban Baz kurang dari semestinya. Kedua ya di sirkuit Termas de Rio Hondo saat sesi FP4. Di situ ban pada motor Scott Redding lapisan luar komponnya copot berkeping-keping.

Makanya keluar aturan lomba 25 lap dipotong jadi 20 lap dan harus ganti ban segar separuh lombanya. Sebenarnya Michelin mengeluarkan ban pengganti dengan konstruksi dan tipe kompon rigid, sayang nggak keburu dicoba lantaran hujan. “Dalam kasus ini Ducati yang harus memperbiki. Contoh Loris (Baz) dan Scott (Redding) sedikit lebih berat, karena postur mereka tinggi. Saya juga tinggi, tapi tidak seberat mereka, juga beda motor. Bobot ini menjadi factor saling berkaitan,” tambah Rossi yang memang Redding beratnya 78 kg, Baz 79 kg dan Rossi hanya 65 kg.

Menurut Rossi kalau masalah ini sering terjadi, akan muncul aturan ban yang hanya satu tipe sangat keras. Itu katanya nggak bagus buat lomba. Padahal sebelumnya sudah ditetapkan ban soft, medium dan hard. 

Iya, apa pun tetap juga diminta Michelin memperbaiki produk mereka. Sebab ECU saat ini dengan control traksi yang belum terlalu pintar, ikut membuat ban tambah stress. MM  

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austin, Amerika, Moto2, Moto3 Semua Sesi 8 – 10 April 2016

MotoGP 2016 Austin FP2: Tangki Bahan Bakar M1 Rossi Di Belakang, Marquez Tercepat

MotoGP 2016 Austin, Amerika FP1: Marquez Tercepat, Disusul Lorenzo

MotoGP 2016 Austin (Jelang Race): Bisa Saja Balapan Tak Normal, Masih Rossi vs Marquez

MotoGP 2016 Austin Amerika (Jelang FP1): Marquez Selalu Unggul Torsi Kuat Pada Motornya

BAGIKAN