nhk

MotoGP 2016 Austin Jelang FP3/FP4/Q2: Klaim Rossi Bisa Jauh Lebih Cepat, Pengereman Diperbaiki

 

ManiakMotor – Sirkuit yang punya kecepatan tinggi lalu berubah sampai ke gigi rendah, butuh pula kinerja rem pakem. Pakai rem yang kuat. Kedengarannya hanya rem. Tapi itu menjadi satu kesatuan pengaturan atau set-up dengan peralihan bobot. Tertumpu pada roda depan yang dialas ban dan ditopang oleh suspensinya.

Wajarlah Valentino Rossi masih bicara  pengereman depan M1-nya di FP2 kemarin di sirkuit Austin, Amerika. Sabtu 9 April menghadapi FP3 dan seterusnya, rem tersebut salah satu fokus dibenahi di sirkuit Austin yang minta pengereman besar pula. “Cukup baik di FP2. Sayang, dua lap terakhir di FP2  saya melakukan kesalahan. Tak mungkin dapat waktu lebih cepat lagi, waktu sesi sudah selesai. Saat itu sedang coba sesuatu pada motor. Sangat menderita pada pengereman depan yang dengan mudah bikin kesalahan, bagian ini harus diperbaiki selanjutnya,” sebut Rossi soal agendanya dan tak sebut jelas apa itu sesuatu.

Menurut Rossi bila tak bikin salah, catatan waktunya 2’04.974 yang membuatnya ke-6 di FP2 akan bisa dipersingkat. Dia jamin bisa lebih dekat ke depan, walau tak sesumbar lebih cepat dari Marc Marquez, hehe. Sialnya di Austin, bikin kesalahan kecil saja, untuk memperbaiki selap kemudian perjalanannya sungguh lama. Butuh 2 menit lebih untuk satu lap dengan panjang 5.5 km dan total 20 tikungannya.

Sesuai data, Rossi merasa sudah cepat di semua sektor Austin, ya karena kesalahan saja yang membuatnya belum tempel depan. Punya potensi bersaing. “Di lain sisi belum bisa menentukan ban, karena masih menunggu ban keras. Ingat, pemilihan ban menjadi kunci untuk balapan,” terang The Doctor yang tertinggal  0.940 detik dari yang tercepat di FP2.

Ada kata tunggu yang diucapkan Rossi, karena memang aslinya begitu. Itu ban keras dari Michelin belum sampai ke sirkuit Austin. Padahal FP1 dan FP2 sudah berlansung. Diperkirakan baru akan sampai Sabtu pagi 9 April di Amerika yang dikirim dari Prancis, pabrik Michelin. Diprediksi juga ban keras ini akan dipakai di lomba mengingat suhu lintasan di Austin mencapai 40oC.

Waduh karet hitam, semoga pesawat yang membawa ban tersebut nggak mogok di udara! Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Austin, Amerika, Moto2, Moto3 Semua Sesi 8 – 10 April 2016

MotoGP 2016 Austin Jelang FP3/FP4/Q2: Tikungan Marquez Tajam, Akselerasi Keluarnya Cepat

MotoGP 2016 Austin Amerika: Masalah Ban, Rossi Malah Minta Ducati Memperbaikinya

MotoGP 2016 Austin FP2: Tangki Bahan Bakar M1 Rossi Di Belakang, Marquez Tercepat

 

BAGIKAN