nhk

MotoGP 2016 Austin Jelang FP3/FP4/Q2: Tikungan Marquez Tajam, Akselerasi Keluarnya Cepat

ManiakMotor – Masuk tikungan sangat tajam yang banyak mengumpan percepatan gigi sampai paling rendah. Kalau sebut sudah paling rendah, di girboks motor pasti gigi 1. Dari gigi rendah ini akan muncul akselerasi keras untuk menghela motor keluar tikungan menuju belokan selanjutnya.

Dilapal dan terhapal dengan tepat oleh Marc Marquez pada penguasaan 20 tikungan sirkuit Austin, Amerika yang memang menuntut macam itu. Di hari pertama menghadapi ronde 2 MotoGP 2016, Jumat 8 April diisi FP1 dan FP2, si MM mendominasi. “Austin sirkuit punya faktor percepatan dibanding sirkuit lain. Sebagian besar sudut di lintasan ini menggunakan gigi satu,” kata Marquez yang diakumulasi FP1 dan FP2 tercepat dengan 2’04.034 atau meninggalkan 0.706 detik posisi kedua. Nah posisi kedua yang ditempati Iannone (Ducati) saja ditinggal setengah detik lebih, macam mana yang lain.

Digambarkan, merawat tikungan ala Marquez. Saat masuk tikungan sampai ke gigi rendah itu, ia sesuai cirinya menggeser roda belakang. Itu mempertajam sudut belok agar bisa lebih dalam dan cepat perubahan arahnya. Saat di dalam akan muncul slide roda belakang, sejurus kemudian dengkul-siku akan sejajar aspal untuk mengukur kemiringn di area tikungan dan keluarnya. Walau masih tetap gelantungan di gigi rendah di area keluarnya itu, motor mulai ditegakan agar siap diberi tenaga besar. Gaya khasnya ini di Austin mendapat tempat lebih banyak.

Tapi menurut Marquez dengan akselerasi yang deras itu, RC213V-nya masih banyak gejala roda depan terangkat. Kalau di balap motor disebut wheelie. “Itu masih dilakukan dengan pemasangan winglet yang baru. Sayap ini bisa meredam wheelying. Nanti dilihat sesi selanjutnya kinerja sayap tersebut terhadap perilaku motor,” sebut Marquez yang mengalami kecelakaan kecil di tikungan terakhir dalam usahanya terakhir mempertajam catatan di FP2. Pembalap ok, namun cukup kerja keras menarik motor ke paddock seperti foto di atas.

Sudah diceritakan sebelumnya, karakter Honda diuntungkan pada sirkuit ini. Pembalapnya juga menikmati dengan arah melawan jarum jam yang banyak menikung kiri dan banyak memainkan gigi rendah, walau banyak juga gigi atas.  Sirkuit yang komplet. Jangan dilihat Dani Pedrosa yang masih tercecer di FP1 dan FP2, dia sewaktu-waktu bangkit di Austin lantaran juga seorang pembalap yang doyan sirkuit mengarah ke kiri. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Austin, Amerika, Moto2, Moto3 Semua Sesi 8 – 10 April 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Austin Amerika: Masalah Ban, Rossi Malah Minta Ducati Memperbaikinya

MotoGP 2016 Austin FP2: Tangki Bahan Bakar M1 Rossi Di Belakang, Marquez Tercepat

MotoGP 2016 Austin, Amerika FP1: Marquez Tercepat, Disusul Lorenzo

 

BAGIKAN