nhk

MotoGP 2016 Austria (Jelang FP1/2): Pinjam Data Satelit, Honda Gertak Musuh

ManiakMotor – Jumpa pers wajib jelang GP Austria pada Kamis (11/8) sudah diwarnai saling gertak antar pembalap. Hadir para rider pabrikan Repsol Honda dan Yamaha, plus Andrea Dovisiozo (Ducati) dan Cal Crutchlow (LCR Honda).

Yang pertama menggertak adalah Marc Marquez selaku pemimpin klasemen. Meski tak ikut tes resmi di Red Bull Ring, ia mengaku sudah punya peta kekuatan dan kelemahan RC213V besutannya meski menjajal lintasan hanya dengan motor RCV213 road bike. “Dari situ saya sudah tahu persis di sektor mana motor kami lemah dan di bagian mana punya keuntungan. Ini trek baru, sangat menarik menanti siapa yang riding style-nya cocok di sini,” katan berteka-teki.

Meski njajal lintasan pakai motor jalanan, MM mengaku telah memiliki  basis set-up untuk RC213V-nya. Itu yang akan dikembangkan pada sesi latihan bebas pertama hari ini atau Jumat 12 Agustus 2016. Waktu di Indonesia setelah solat Jumat lah.

Pengaturan dasar itu pinjaman dari  tim satelit Honda macam LCR dan Marc VDS Racing. Data itu kemudian diolah dan dikembangkan tim pabrikan. Dari data itu pun MM yakin ada bagian-bagian lintasan yang menguntungkan RC213V dan ada pula bagian milik lawan. Ia tak sebut bagian detilnya, tapi bukan rahasia lagi kalau trek yang dominan trek lurus itu adalah santapan empuk Ducati. Lalu bagian-bagian menikung cepat milik Yamaha. Sedang dua sudut ada yang lambat jadi bagiannya Marquez. Begitu elmu kira-kiranya.

Seakan ingin memperkuat gertakan MM, Crutchlow pun angkat omongan. Saat tes, RC213V versi satelit miliknya memang bulan-bulanan dari anak-anak Ducati. “Tapi, kami menghimpun banyak data. Saya mengaspal 200 lap lebih, setelah dianalisa teknisi Honda RC213V   ada titik-titik RC213V bisa dikembangkan. Masalah dalam trek ini bukan hanya lintasan lurusnya, tapi juga zona pengeremannya. Kami juga menganalisa rekaman penampilan para pesaing. Dengan pembenahan musim libur lalu, rasanya Honda bisa menyaingi Ducati,” tegas Crutchlow.

Ducati saja yang merajai saat tes bisa disaingi, apalagi yang lain, geetu kalee. Trus, Honda yang dimaksud Cal tentulah milik  pabrikan. Semacam gertakanlah. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Austria 2016 Jelang FP :Ini Target Rossi Pada Ducati, Honda Tunggu Hasil FP1

MotoGP 2016 Jelang Austria: Nggak Ada Kata Kepepet Dari Rossi, Tetap Percaya Diri

MotoGP 2016 Jelang Austria: Ducati Sodorkan Wild Card, Stoner ‘Ora Wani’

MotoGP Austria 2016 Jelang: Terlalu Cepat Unggulkan Ducati, Pecah Telur

BAGIKAN