nhk

MotoGP 2016 Austria (Jelang FP1/2): Rossi – Lorenzo Tak Banyak Cakap Di Jumpa Pers

ManiakMotor – Musuh utama sudah berani menggertak dengan kalimat-kalimat yang banyak. Sebaliknya dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dari kubu Yamaha di jumpa pers wajib pada Kamis 11 Agustus 2016 di Austria. Kelihatannya kebanyakan tutup mulut. Hanya bicara optimisme dan justru mengetengahkan ketidakpastian sembari menunggu sampai latihan bebas hari pertama selesai.

JL tak lagi sebut-sebut kelemahan Yamaha di trek tersebut, agar pembaca tak bosan hehehe. Ia malah cerita perkembangan terakhir dalam tes lalu yang belum sempat diuji pol-polan. Di saat-saat terakhir, katanya, tim teknisnya sudah menemukan solusi atau formula untuk memantapkan laju M1 dengan utak-atik perangkat elektroniknya.

Mereka temukan bangunan set-up baru yang diyakini bakal lebih dahsyat, yang sayangnya tak sempat dipraktekkan secara penuh di lintasan saat tes pendahulu di Red Bull Ring. “Petunjuk itu yang akan kami teruskan dan kita tunggu saja sejauh mana perbedaannya dalam sesi tes awal. Sangat penting buat saya untuk tampil lebih kuat dari sebelumnya,” tandas JL yang wajib mengejar defisit 48 poin dari Marc Marquez.

Rossi pun tak banyak cakap dalam jumpa pers tersebut. Menurutnya lay out sirkuit tak banyak berubah dari GP Austria terakhir (1996) yang ia ikuti meskipun ada beberapa bagian yang dimodifikasi. “Hanya saja aspalnya yang sangat beda. Kini sangat mulus dan rata, tak ada bumpy.  

Yang membuatnya sangat beda dengan trek lain adalah kesempatan membetot throttle secara penuh pada sebagian besar lintasan. “Itu sekaligus daya tariknya dan membuatnya berbeda dengan seri lainnya,” beber Rossi yang dalam kesempatan sebelumnya bilang siap tarung ke podium. 

Seperti Lorenzo, ia pun menanti situasi pada sesi FP1 dan 2 untuk memastikan setingan terbaik sekaligus untuk memperkuat peluang ke podium.  Buat Rossi, race di ronde ke-10 ini bisa disebut genting. Kalau gagal petik poin signifikan dari Marquez maka jalurnya di kejuaraan dunia sudah masuk katagori darurat. Soalnya, saat ini saja sudah tertinggal 59 angka. Itu besar lho, dua seri lebih! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Austria (Jelang FP1/2): Pinjam Data Satelit, Honda Gertak Musuh

MotoGP Austria 2016 Jelang FP :Ini Target Rossi Pada Ducati, Honda Tunggu Hasil FP1

MotoGP 2016 Jelang Austria: Nggak Ada Kata Kepepet Dari Rossi, Tetap Percaya Diri

MotoGP 2016 Jelang Austria: Ducati Sodorkan Wild Card, Stoner ‘Ora Wani’

BAGIKAN