nhk

MotoGP 2016: Bagus Di Tes Qatar, Sakses Pula Ronde Pertama Di Tempat Sama

 

ManiakMotor – Kecuali Marc Marquez bagus saat test Qatar pramusim 2015, saat lomba termasuk memble. Dengan ukuran Marquez ketika 2015 sebagai petahana atau juara bertahan dari tahun sebelumnya, saat lomba dia hanya ke-5. Dari akumulasi Marquez ke-2 ketika tes. 

Si Marquez tukar posisi dengan Valentino Rossi yang hanya ke-5 saat test 2015 di Losail, tapi pertama saat lomba. Namun dari lima besar saat test semuanya masuk lima besar pula di ronde pertama juga di sirkuit di Sumatera Barat ini, ooh itu Padang yang ini di tengah padang pasir. Kelima besar adalah Rossi, Jorge Lorenzo, Marquez dan dua Ducati dengan duet Andrea-nya. 

Dibikin menarik saja, menunggu hasil tes Qatar yang merupakan ujicoba terakhir pramusim 2016. Tes ini akan berlangsung dari 2 – 4 Februari 2016. “Tes Qatar bagian penting menuju perjalanan awal-awal seri. Awal seri ini juga menentukan strategi selanjutnya,” kata Valentino Rossi yang dari segi umur memang mengincar awal-awal ronde kudu cemerlang dan gemilang. Itu dibutuhkan untuk memompa semangatnya pada balap model grand prix alias serial yang panjang.

Omongan Rossi sebenarnya sama saja dengan seluruh kontestan. Mereka akan kembali melihat data-data yang telah dihimpun dari tes-tes yang lalu. Lanstas, di Qatar akan dikembinasikan kembali dan dipertajam set-upnya untuk simulasi lomba. Maklum ronde pertama hanya selang dua minggu dari ronde pertama, pula di Losail. Tentu pakai aturan yang baru.

Semacam Ducati pabrikan saat tes Sepang dan Australia tahun ini kurang perangainya, berharap lebih di tes Qatar. Pernah mereka lakukan tahun lalu yang di tes Valencia dan Sepang biasa-biasa, tapi saat tes di Qatar mereka masuk papan atas. Terulang saat lomba di tempat sama tahun lalu, kedua pembalapnya 3 besar. “Langkah-langkang set-up di Australia  lebih banyak diarahkan ke Qatar. Kalau mantap di tes Qatar, kami siap untuk lomba seperti kami lalukan tahun lalu,” kata duet Andrea.

Tapi hati-hati sajalah bro, dengan aturan baru ini kagetan sering muncul dari satelit yang dalam dua tes lalu bikin kacaukan peringkat. Apalagi Suzuki, tuh pabrik bikin bingung memposisikan mereka untuk tahun ini ada di tempat yang mana? Bisa jadi di atas satelit atau setara Ducati? Ya sudah, lihat hasil testnya untuk bahan menduga-duga hasil lombanya. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2016 Tes Qatar: Tunggu Valentino Rossi Kembali Bilang Puas

MotoGP 2016 Tes Qatar; Gambaran Untuk Lomba Losail Seri Pertama

MotoGP 2016: Presentasi Team Suzuki Ecstar, Lebih Kuat Dari Tahun Lalu, Nyalakan Nyali..!

MotoGP 2016: Film Dokumenter Jorge Lorenzo Guerrero, Prajurit Sejati

MotoGP 2016: Gavira Ditunjuk Rossi Jadi Pemimpin Program Teknis VR46 Riders Academy

 

BAGIKAN