nhk

MotoGP 2016: Ban Intermediate Lenyap Musim 2017, Ini Penggantinya

MotoGP, Intermediate, ban, slick
Ban hujan dipakai Lorenzo

ManiakMotor – Mumpung tidak ada kegiatan selama Desember ini, Komisi Grand Prix di FIM mengadakan pertemuan, pekan lalu. Pesertanya, di antaranya Dorna (pelaksana MotoGP), tim-tim dan IRTA (International Road-Racing Teams Association) membahasa regulasi yang bila perlu dilakukan perubahan. Memang, tidak ada perubahan yang signifikan.

Motogp, Ban, Intermediate, Slick
Ban intermediate jarang dipakai

Untuk ban intermediate jadi pembahasan pertama. Michelin sebagai pemasok tunggal, memperkenalkan tahun ini atas permintaan tim dan Dorna. Tujuannya, agar pembalap tetap nyaman membesut motor saat kondisi permukaan trek kombinasi antara basah, sedikit kering, dan kering.

Pengalaman selama 2016, ternyata ban intermediate jarang dipakai. Peserta rapat setuju kalau musim depan ditiadakan. Menurut penuturan bos ban asal Perancis Nicolas Goubert, ketika permukaan lintasan variasi, ada pembalap yang mengandalkan ban slicks, intermediate, dan ban basah.

Jika intermediate harus dilenyapkan, usulan Goubert, harus ada kompensasi dengan

MotoGP, ban, intermediate
(Kiri dan tengah) ban hujan dan intermediate (kanan)

penambahan pilihan ban. Terutama untuk lick depan dab belakang, meski total alokasi tidak ditambah. Jadi, pembalap nanti punya tiga jenis kompon ban depan, plus banoption. Begitu juga dengan ban belakang. Sebetulnya, Michelin sendiri sudah pernah membawa tiga jenis kompon ban plus ban opsi, jadi sekarang tinggal mengesahkan saja.

Dengan hilangnya intermediate, penambahan itu mungkin untuk kompon lembut (soft), terutama jenis slick. Pembahasan lain menyangkut soal kamera pada moto2 dan moto3 yang dikeluhkan punya kelemahan. Ballast akan ditambah.

Trus, juri (stewards of the Meeting) diupayakan mengeluarkan keputusan menyangkut hukuman sebelum balapan usai dibanding harus menunggu beberapa hari. Terakhir, bila seorang pembalap mengalami patah tulang atau geger otak akibat kecelakaan saat latihan (bukan dalam motogp) harus melapor ke staf medis motogp dan menyerah diri untuk diperiksa. Rezki

BAGIKAN