nhk

MotoGP 2016: Barbera Diajak Rossi Ke Motoranch 46, Langsung Puji Yamaha Di Austria

 

ManiakMotor – Hector Barbera yang pakai Ducati milik Avintia Racing, sebenarnya wajar bicaranya menghadapi GP Austria pekan ini. Jika sepintas dibaca, yang kencang Yamaha dan Honda kurang kompetitif.  Omongan itu berdasarkan hasil test di Red Bull Ring tiga minggu lalu.

Jelas begitu, dua pembalap Repsol Honda Team nggak muncul di tes Austria. Lagian sirkuit sepanjang 4.3 km yang hanya ada 10 tikungan model lengkung-lengkung itu, karakternya tancap gas. “Sirkuit Red Bull Ring ini sangat cepat.  Saya pikir trek ini baik untuk Ducati. Faktanya Ducati di barisan depan saat test. Termasuk saya ke-4. Apakah akan berubah akhir pekan ini? Tapi, sepanjang yang saya lihat peluang  Yamaha besar, sedang Honda kurang kompetitif. Punya motor kencang, akan tampil mudah di Red Bull Ring,” komentar Barbera di crash.

Dia nggak bilang mudah buat siapa dan sulit buat siapa di Austria nanti. Yang pasti, itu sirkuit digunakan untuk ronde 10 MotoGP, tepatnya 14 Agustus 2016. Dari omongan Barbera dia membanggakan tunggangannya, Ducati. Katanya andai nggak ada Casey Stoner, bisa saja dia ketiga di bawah dua Ducati pabrik digeber Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso.

Tapi memang begitu saat bertemu sirkuit yang jarang tutup gas, Ducati selalu punya peluang. Peluang selanjutnya tentu pada Yamaha terhadap tipe Red Bull Ring. Kendati trek lurusnya sendiri nggak sampai 700 meter, tapi tikungan-tikungannya yang kencang. Macam itu jadi andalan Yamaha selama ini. Yamaha dalam test Austria itu di bawah Ducati. Tapi itu kan baru tes.

Usut punya usut, Barbera mengangkat Yamaha, ternyata usai test di Austria tersebut dia diajak Valentino Rossi ke Tavullia, Italia. Tepatnya ke Moto Ranch 46 bergabung dengan anak-anak VR46 Riders Academy. Dia bersama Loris Baz rekan setimnya, ikut ngegas special engine. Ya main dirt track. “Terima kasih pada Valentino mengajak kami ke Moto Ranch-nya,” kata Barbera dan Baz. 

Ooo gitu to. Akan tetapi seperti pertanyaan Barbera tadi, apakah akan berubah pekan ini kedudukan dari test? Pertanyaan yang mudah dijawab. Jawabannya sudah pasti berubahnya dari pada unggulan. Karena mereka akan mulai bekerja serius membangun setelan motor sejak FP1. Tinggal menunggu perkembangan Honda yang disebut Barbera nggak kompetitif, padahal memang biangnya nggak ikut test. Ito  

BACA JUGA

MotoGP Austria 2016 Jelang: Rossi Kudu Perbaiki Motor Keduanya, Bikin Gagal Mulu

MotoGP Austria 2016 Jelang: The Waterfall, Chamber Tikungannya Negatif..!

MotoGP Austria 2016 Jelang : Duet Iannone – Rins Bisa Bikin Suzuki Lebih Hebat

MotoGP Austria 2016 : KTM Tetap Tampil di Austria, Tapi Hanya……Maaf!

MotoGP Austria 2016 Jelang : Seru…! 4 Rookie Bakal Mengganggu Persaingan Rossi – Marquez

BAGIKAN