nhk

MotoGP 2016: Bos Yamaha Belum Percaya Kecepatan Ducati Dan Suzuki

 

 

ManiakMotor – Ducati dan Suzuki memang diuntungkan oleh regulasi 2016. Kedua merek ini pada 2015 berstatus Open Class, kelas yang jadi kelinci percobaan eolektronik yang akan digunakan 2016. Tidak heran, mereka bisa pecicilan dalam test resmi dan tidak resmi pramusim 2016.

Suzuki menempel ketat Honda RC213V Marc Marquez di test resmi Valencia. Saat itu pun Marquez tak diketahui masih pakai ECU lama atau sudah pakai ECU baru. Yang jelas, Maverick Vinales yang Suzuki-nya belum pakai SSG kala itu, hanya kalah sikit dari Marquez. Yang telak dibuat Ducati saat test privat di Jerez. Ducati yang tercepat pun justru GP15 yang dikendarai anak baru di Ducati satelit, yakni Scott Redding. 

Tak membuat serta merta Wilco Zeelenberg yang sebenarnya manajer tim kubu Jorge Lorenzo, percaya. Maksudnya, dia masih ragu akan kecepatan dua merek tersebut. Dia memang percaya keuntungan Suzuki dan Ducati terhadap elektronik baru tersebut. “Terutama Ducati, mereka familiar. Tapi saya tak tahu apakah mereka pakai elektronik sesuai aturan, terutama software-nya,” kata Zeelenberg. 

Alasan Zeelenberg, Yamaha dan Honda saja masih kesulitan terhadap kontrol traksi. Menurutnya, di Yamaha dan Honda ada teknologi yang hilang atau mundur empat tiga tahun lalu pada elektronik seragam. Lha manalah mungkin, merek lain bisa dengan mulus terhadap akselerasi, anti wheelie dan sebagainya dengan elektronik yang sama. 

Pendeknya walau tak diceritakan Zeelenberg alias analisa dewek portal ini, saat test bebas-bebas saja pakai software merek berbeda. Kan nggak diperiksa oleh pemeriksa tekanik. Jadi yang menentukan saat lomba karena sangat ketat pengawasannya. Wajib memakai elektronik seragam termasuk software-nya. 

Bahkan mesin yang digunakan saat sesi latihan sampai lomba sudah disegel. “Coba perhatikan time mereka sudah sangat dekat dan malam melampui kami. Ini kan luar biasa. Tapi saat ini belum bisa ditentukan siapa yang diuntungkan dan dirugikan oleh aturan baru ini,” kata Zeelenberg. 

Maksudnya tunggu lomba saja saat semua motor jujur speksifikasinya. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Soal Tampang, Dovizioso Nggak Kalah Dengan Bintang Film Amrik Ini

MotoGP: Di Ujung Tahun 2015, Rossi Tertinggi Urusan Sosmed

MotoGP: Sekadar Mengingatkan Inilah Nama-Nama Joki MotoGP 2016, Ada 22 Grid

MotoGP 2016: Rossi Jadi Promotor Balapan

MotoGP 2016: Lagi, Cerita Isi Tangki Bahan Bakar Di Belakang Pengedara M1

BAGIKAN