nhk

MotoGP 2016: Cal Cruthlow Kurang Suka Sama Format Kualifikasi, Usulannya!

Cal, Motogp, Kualifikasi

ManiakMotor – Pembalap motogp dario tim satelit LCR Cal Cruthlow menginginkan agar format pengelompokan saat kualifikasi(Q). Dengan adanya Q1 dan Q2 dinilai oleh pemenang motogp Ceko dan Australia 2016 ini, “Hanya membuang-buang waktu untuk semua pembalap.”

Sejak 2013, sistem kualifikasi kelas premier berlangsung dua kali, masing-masing 15 menit. Sesi pertama (Q1) dihuni para pembalap yang terlempar dari 10 besar dari dua sesi, yakni latihan bebas Jumat dan Sabtu pagi. Dari jumlah pembalap Q1 hanya diambil dua tercepat berhak ikut ke Q1.

Nah, pembalap asal Inggris itu menilai, jatah dua pembalap ke Q2 adalah kontraproduktif. Meski, diakuinya di akhir masing-masing sesi dimanfaatkan tim dan pembmalap untuk mencoba sekaligus mengasarkan permukaan ban baru.

“Jadi, semua orang hanya ‘membuang’ ban di Q1. Mereka tidak peduli jika tidak memiliki harapan untuk Q2. Ya, untung-untungan bisa menempati 12 pada grid,” papar Cal. Lebih bijak, lanjutnya, jika semua pembalap bisa ikut di Q2.

Usulan lain Cal, tidak ada Q2, tapi FP3 (Sabtu) sebagai penyeleksian waktu. Boleh jadi, semua format yang sudah berjalan untuk konsumsi pertunjukkan buat TV. Rezki

 

BAGIKAN