nhk

MotoGP 2016 Catalunya: 2 Pembalap Tewas, Dimulai Ali Yang Mirip Rossi, Duka Olahraga Dunia

 

 

ManiakMotor – Akhir pekan ini memang hari-hari duka buat pecinta olahraga dunia. Dimulai dengan kepergian petinju legendaris Mohamad Ali untuk selamanya. Tanya duka untuk komunitas tinju tapi buat semua pecintanya di seluruh bumi.

Ali yang berjuluk The Greatest itu, enjadi inspirasi bagi banyalk atlet dari cabang olahraga berbeda. Soal bagaimana menghilangkan rasa takut menjadi sebuah keberanian. Seorang mualaf yang kemudian menjadi tokoh panutan kaum muslim. Paling utama lagi sosok Ali yang mengubah tinju yang tadinya hanya arena pukul-pukulan sesama pria menjadi ajang entertainment sekaligus industri olahraga yang luar biasa.

Ya, miriplah dengan Valentino Rossi di ajang balap motor. Rossi juga penuh dengan momen-momen kontroversial seperti Ali sepanjang karirnya. Rossi pula yang membawa MotoGP sekarang ini menjadi ajang hiburan dan bisnis raksasa sebagaimana dilakukan Ali dengan tinju. Nama keduanya harum di mana-mana, tak hanya dalam komunitas tinju dan MotoGP yang mereka geluti. Pecandu olahraga berbeda, bahkan anak-anak kecil di kota maupun gang-gang sempit perkampungan, sangat familiar dengan nama Ali dan Rossi.

Ali sudah pergi, tapi sebagian ilmu psywar-nya untuk menjatuhkan mental lawan sudah menular kepada Rossi. Bukan hanya Rossi yang berduka, tapi seluruh insan olahraga dunia.

Duka berlanjut dengan tewasnya Luis Salom pada Jumat (3/6) di kancah Moto2 GP Catalunya. Selanjutnya disusul duka sama dengan tewasnya pembalap Inggris, Paul Shoesmith, di jelang balap Isle of Man TT. Ini balap motor jalan raya paling berbahaya sedunia dan sangat digemari di daratan Inggris. Seperti Salom, Shoesmith juga tewas saat main di sesi latihan, Sabtu (4/6).

Selamat jalan Ali, Salom dan Shoesmith! Percayalah, kepergian kalian tak akan pernah menghentikan kesemarakan tinju dan balap motor motor dunia dengan ratusan juta penggemarnya. Andro

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016 Warm Up: Rossi Tercepat, Marquez Ke-2, Lorenzo Ke-4

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Catalunya 2016 Jelang Race: Anak Yamaha Tech3 Kecam Habis Rossi dan Lorenzo, Berhianat?

MotoGP Catalunya 2016 Jelang Race: Sindir Lorenzo, Marquez Tolak Disebut Biang Perubahan Sirkuit

BAGIKAN