nhk

MotoGP 2016 Catalunya Jelang FP3/FP4/Q2: Rossi Konsentrasi Lay-Out Sirkuit Jadi Lambat, Salam Buat Salom

ManiakMotor – Urutan ke-6 di FP2 GP Catalunya bikin Valentino Rossi tetap adem. Fokusnya pada sesi tersebut hanyalah mengutak-atik 3 jenis ban yang dipasok Michelin. Main di FP3, FP4 dan Q2 pada Sabtu (4/6) ini, konsentrasi The Doctor pasti pada perubahan Catalunya dari karakter cepat jadi lambat.

Pasca Luis Salom (pembalap Moto2) membentur pembatas di R12 dan tewas, di area R12 ini tikungan ditambah 3, agar kecepatan motor berkurang.  Tentu akan sangat berpengaruh pada setelan M1 Rossi. Setingan yang mulai terbentuk dari FP1 dan FP2 akan menyesuaikan ulang. “Sad day. Ciao Luis,” ucap Rossi atas meninggalnya Luis Salom pada akun sosmednya. Arti kometarnya adalah Hari Yang Menyedihkan, Halo Luis….

Rossi memang belum bisa cerita banyak soal perubahan sirkuit. Sebab rilis yang dikirim ke maniakmotor.com dibuat sebelum ada keputusan dari panitia mengubah lay-out Catalunya, tadinya 13 tikungan jadi 16 tikungan. Penambahan 3 tikungan ada pada sektor 3 dan 4 di lokasi Luis Salom celaka, jadi lebih lambat. Kalau bisa dibilang jadi stop and go. Yamaha yang terkenal dengan karakter cepatnya, sikit banyak kena dampaknya.

Makanya Rossi lebih banyak cerita soal ban  terutama pada perubahan suhu yang begitu cepat. Di FP1 (pagi) lintasan 26oC di FP2 (sore) naik menjadi 50oC. Di FP1 masuk 3 besar tercepat. Di FP2 di awal sesi cepat, tapi rontok sampai ke-6 di akhir sesi. “Saya tak ragu soal kecepatan dan pace. Namun, bicara ban, kami masih harus kerja keras untuk menentukan kompon terbaik buat balapan. Untuk ban depan maupun belakang, dari sisi kemampuan grip maupun daya tahannya,” kata The Doctor pada rilis Movistar Yamaha.

Sektor itu belum tuntas ditelisik dengan berubahnya lay-out sirkuit. Itu sama saja membangun ulang setelan motor dan konsentrasi terpaku di situ. “Tapi, feeling masih baik. Setidaknya kami paham apa yang harus dibenahi pada sesi Sabtu. Soal hasil pada dua sesi awal, ya tidak terlalu buruklah,” tandas Rossi yang saat rilis ini ditulis dan dikirim tim PR Yamaha belum mengetahui kalau Luis Salom tewas  dan disusul keputusan mengubah tata letak Catalunya.

Belakangan baru Yamaha mengirim rilis lanjutan dan bersama kedua pembalapnya menyatakan dukacita atas musibah yang terjadi. Nyaris bersamaan, rilis serupa dari kubu Repsol Honda juga masuk ke email portal ini. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Lorenzo Terpengaruh Kematian Salom, Susun Ulang Set-Up M1

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Salom Tewas, Tikungan Diubah Jadi Karakter Lambat, Yamaha Dirugikan?

MotoGP Catalunya 2016: RIP Luis Salom, 1991-2016, Hajar Pembatas, Kontruksi Salah

BAGIKAN