nhk

MotoGP 2016 Catalunya (Jelang FP3/Q2): Jantung Bermasalah, Penyebab Meninggalnya Salom

ManiakMotor – Di lokasi kecelakaan, kondisi Luis Salom sudah tak bergerak dan tak bernafas, detak jantung tak ada. Tim medis langsung melakukan langkah darurat Orotracheal Intubation and Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) di tempat. Itu prosedur standar untuk coba mengaktifkan lagi sistem pernafasan, antara lain dengan menekan-nekan dada pada Jumat 3 Juni 2016 saat berlangsung FP2 Moto2 .

Begitu pernyataan resmi Direktur Medis MotoGP Dr. Angel Charte yang bertangsung jawab  seluruh aspek medis di serial balap motor bergengsi ini. Ia yang memerintahkan untuk membawa Salom sesegera mungkin ke rumah sakit terdekat. “Di dalam ambulans, proses CPR terus dilakukan sembari berkomunikasi dengan tim medis Hospital General de Catalunya melaporkan kondisi korban. Tujuannya  agar rumah sakit bisa mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Dr. Charte.

Tiba di rumah sakit pukul 16.10 waktu lokal, Salom langsung masuk ruang khusus dan menjalani operasi. Proses CPR terus dilakukan dengan tambahan fasilitas rumah sakit. “Semua upaya dilakukan dengan standar tinggi. Pukul 16.55 barulah korban secara resmi dinyatakan meninggal,” ucap Charte yang dalam keterangannya sama sekali tak menyebut faktor lain sebagai penyebab, misalnya cidera patah tulang leher atau kepala atau luka lain yang tampak dari luar.

Keterangan medis ini sangat logis bila ditengok lagi kronologi kecelakaan. Saat membentur batas lintasan,Salom langsung tergeletak dan motornyamasih meluncur. Saat itu juga ia tampak tak bergerak. 

Pertanyaannya, apakah jantungnya tiba-tiba bermasalah saat masih memacu motor atau terjadi akibat benturan? Keduanya mungkin saja karena serangan jantung juga bisa terjadi saat beraktivitas tinggi seperti berulangkali menerpa pesepak bola di lapangan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016

MotoGP Catalunya 2016: RIP Luis Salom, 1991-2016, Hajar Pembatas, Kontruksi Salah 

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Salom Tewas, Tikungan Diubah Jadi Karakter Lambat, Yamaha Dirugikan?

MotoGP Catalunya 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Lorenzo Terpengaruh Kematian Salom, Susun Ulang Set-Up M1

MotoGP 2016 Catalunya Jelang FP3/FP4/Q2: Rossi Konsentrasi Lay-Out Sirkuit Jadi Lambat, Salam Buat Salom

BAGIKAN