nhk

MotoGP 2016 Catalunya (Jelang Race): Rossi-Lorenzo ‘Hadiahkan’ Front Row Buat Honda

ManiakMotor – Selalu ada hikmah di balik musibah. Begitu kata orang bijak. Dan, itu pula yang dipetik duo Honda bersama Marc Marquez dan Dani Pedrosa di GP Catalunya pascakematian Luis Salom pada Jumat 3 Juni 2016.

Perubahan layout sirkuit itu menguntungkan keduanya dan terlihat jelas di semua sesi Sabtu (4/6) dan akhirnya start front row untuk RC213V. Padahal sebelum sirkuit di tukar ke jalur F1 macam FP1 dan FP2, Honda susah masuk lima besar. Ya, itu semacam ‘hadiah’ dari Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Awalnya rapat antara Grand Prix Sefety Comission dengan para pembalap pada Jumat (3/6) petang menyusul peristiwa tewasnya Salom. Dalam forum itulah terjadi pembahasan dan perubahan trek balapan ke format lintasan F1. Sebagian pembalap hadir dan ikut membahasnya, termasuk Marquez.

Duet Rossi dan Lorenzo tak hadir yang belakangan nggak tahu dalam rapat itu ada keputusan penting. “Saya memang tidak hadir lantaran memang kurang tahu ada keputusan perubahan sirkuit. Saya sebagai pimpinan klasemen seharusnya dilibatkan atau dipanggil,” tegas Lorenzo yang lebih ‘menyalahkan’ komisi kemanan balap.  

Sementara Marquez dan timnya langsung bertindak sejak Jumat malam itu. Mereka segera menyesuaikan setingan baru dan hasilnya pole position. Ya, itulah hikmah di balik musibah. Marquez seolah terima hadiah dari ketakhadiran musuhnya dalam rapat. “Saya persembahkan pole ini untuk almarhum Luis Salom, juga untuk nenek saya yang dua minggu lalu meninggal. Soal balapan, saya tak tahu dan tidak bisa menebak apa yang akan terjadi. Yang jelas kami melakukan perubahan yang tepat pada motor,” kata Marquez.

Pedrosa yang raih front row pertama musim ini senada dengan rekannya meski belum bisa menentukan tapak ban terbaiknya untuk balapan. Dan, ia akui tak akan bisa melupakan Salom dalam balapan dan mungkin juga seterusnya. “Saya sendiri tak ingin melupakannya. Saya dekat dengan Luis dan keluarganya. Ia kawan yang sangat baik dansaya takkan pernah melupakannya,” ucap Pedrosa yang bersama rider Spanyol lainnya bertekad bulat tampil perkasa di kandang sendiri. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol, Moto2, Moto3 Semua Sesi 3 – 4 Juni 2016 

MotoGP Catalunya 2016 Jelang Race: Rossi Nggak Terima R10 Diubah, Kalau R12 Sudah Lama Diingatkan

MotoGP Catalunya 2016 Q2: Marquez Pole, Lorenzo Ke-2, Pedrosa Ke-3, Rossi 5

MotoGP Catalunya 2016 FP4: Marquez Tercepat, Yamaha Menjauh Akibat Berubahnya Sirkuit?

BAGIKAN