nhk

MotoGP 2016: Data Set Up Berubah, Lorenzo Hanya Janji Berusaha Di Sepang

Yamaha M1 Jorge Lorenzo

ManiakMotor –Beda dengan sebelumnya, kali ini JL tak lagi sesumbar untuk udek-udek Valentino Rossi di peringkat 2 klasemen. Lha iyalah, sudah susah Brader! Tertinggal 24 poin gitu loh! Perhatian JL justru tercurah pada aspal baru Sepang yang memang bulan lalu dilapis ulang.

Itu sekaligus sikit-sikit perubahan lay out di beberapa tikungan. Khusus tikungan terakhir agar lebih memungkinkan rider saling menyalip di lap terakhir. Maksud perubahan lay out, sebagian demi safety, sebagian lagi agar balapan berlangsung lebih panas, sepanas cuaca Sepang!

Perubahan itu, data sebelumnya sulit jadi pegangan. Jelang paling berubah grib ban. Saat grip berubah susunan gigi rasio pada girboke dirombak semua hitungannya. Rasio berubah mapping pada elektronik, ya harus dipetakan ulang. “Basis set-up M1-nya yang sudah disusun sejak tes pra musim di Sepang, kini harus dikaji dari awal lagi. Daya cengkeram ban, lap times, dan racing line pasti berubah,” jelas Lorenzo pada analisanya Sepang ‘yang baru’.

Lorenzo mengaku, dia hafal betul lay out Sepang karena banyak melakukan tes pra musim di situ. ”Tapi, kini semuanya berbeda. Semoga tak ada kendala pada ban lagi, dengan begitu bisa berharap fight ke podium,” tutur Lorenzo lewat rilis resmi tim Movistar Yamaha.

Semoga begitu nantinya Bro Lorenzo! Tapi, kalau gagal, jangan aspal baru Sepang yang disalahkan yak, hehe! Andro