nhk

MotoGP 2016: Di Sentul Nakamoto Terus Terang, Mesin Dan ECU RC213V Marquez Masih ‘Ngejump’

 

ManiakMotor – Jawaban Shuhei Nakamoto terus terarang, nggak seperti rilis. Singkat dan jelas saat disodorkan pertanyaan teknik mengenai  Honda RC213V di test Sepang yang belum kinclong dibanding pesaing utamanya.  Vice president Honda Racing Corporation (HRC) memang paling bertanggung jawab pada kinerja RC213V 2016. Dia hadir di Sentul International Circuit untuk peluncuran Repsol Honda Team dan RC213V versi 2016 pada 14 Februari 2016.

Dia bilang, racing line Marc Marquez dan Dani Pedrosa belum bisa bersih di Sepang. Motor itu kerap bergeser dari jalur. “Masih cari tekanan ban yang pas. Bila tekanan ban ditambah grip malah kurang. Tekanan dikurangi malah sering out. Tapi bukan ini saja, ECU dan mesin masih ada gejala ngejump,” kata Nakamoto terburu-buru bicara, maklum banyak yang ingin bertanya juga.

Ngejump itu nggak dijelaskan persis. Kalau ngejump istilah umumnya mesinnya macet. Tapi ngejump di MotoGP, mungkin kurang normal naik dan turun putaran mesinnya. Ngejump ini katanya memengaruhi  bodi motor. Dan itu pula yang bikin RC213V Marquez belum bisa konsisten.

Sekadar diketahui, Marquez sebagai andalan hanya ke-5 dari akumulasi tiga hari test di Sepang. Sedang Pedrosa ke-11. Tapi bukan itu yang jadi perhatian, mereka masih tertinggal jauh oleh lawan berat, yakni Yamaha. Marquez masih selisih 1.2 detik dan  Pedrosa tertinggal 1.5 detik dari yang tercepat, Yakni Jorge Lorenzo.

Tapi Nakamoto hanya tenang saja tuh menjawab selisih tersebut. Dia  berbisik ke telinga reporter masalah itu wajar karena HRC bikin motor baru dari mesin, rangka dan semua perangkatnya baru sesuai regulasi 2016.

Istilahnya dia, “Kalau besok langsung balap, itu mesin langsung bisa disegel panitia untuk resmi ikut lomba,” yakin Nakamoto sembari melirik RC213V yang diperkenalkan di Sentul ini. Bisa saja yang lain masih pakai aturan gado-gado, itu maksudnya, mungkin.

“Tapi saya yakin insinyur HRC telah memperbaiki kemampuan motor ketika test di Philip Island pada 17 – 19 Fabruari nanti,” kata Nakamoto di tempat terpisah pada peluncuran resminya sembari bilang Indonesia pasar yang sangat penting buat Honda, makanya dua tahun berturut-turut launching tim diadakan di sini.

Sementara Marquez dan Pedrosa yakin juga akan kemampuan HRC mengembangkan motor yang siap tarung. “Saya percaya soal itu. Tapi saya mengagumi dan takjub pada fans Indonesia yang antusias pada MotoGP,” sebut Marquez yang sampai turun panggung lantas memanjat pagar  menyapa para fans di tribun Sentul. “Saya adalah pembalap yang beruntung lama bersama Honda,” singkat Pedrosa yang memang diam melulu itu. MM 

BACA JUGA

AHM Unjuk Kekuatan Program Balap Motor 2016, HRC Jadi HDC, Nakamoto Kasih Semangat

MotoGP 2016: Ahh… Nggak Mungkin Rossi Segera Pensiun

MotoGP 2016: Pedrosa Dan Marquez Sudah Main Futsal Dengan Menpora

MotoGP 2016: Musuh Besar Rossi Sudah Di Jakarta, Si Marquez, Lagi Makan Mie

MotoGP: Jadwal Resmi 2016, Sudah Paten

 

 

BAGIKAN