nhk

MotoGP 2016: FIM Umumkan, Race Direction Tak Berhak Menghukum Pembalap

 

ManiakMotor – Grand Prix Commission di MotoGP diisi oleh  FIM  (Fédération Internationale de Motorcyclisme), IRTA (International Road-Racing Teams Association) atau asosiasi pembalap dan tim, MSMA (Motorcycle Sports Manufacturers’ Association) atau para merek yang ikut MotoGP dan Dorna sendiri sebagai promotor.

Para hulu balang setiap perwakilan itu ketemu di  Jenewa di markas FIM pada Jumat 5 Fabruari. Mereka mengeluarkan keputusan yang paling penting adalah Race Direction sudah nggak terlibat dalam pengambil keputusan menghukum pembalap. Badan ini nantinya akan ada struktur sendiri yang lebih independen. Itu katanya!

Seperti dibilang Ippolito, Presiden FIM, katanya banyak keputusan yang dikelarkan, namun yang krusial soal memisahkan tugas Race Direction (RD). “RD bersama juri dan pembatunya akan fokus mengelola lomba, karena banyak tanggung jawab yang butuh konsentrasi di situ. Kami ingin membiarkan mereka bebas untuk mengatur balapan. Tidak melibatkan RD lagi dengan tugas menghukum pembalap. Di sisi lain dibentuk panel tersendiri untuk ini,” jelas Ippolito.

Akan tetapi panel tersebut tetap dipimpin Direktur RD yang saat ini dipegang oleh Mike Webb. Alasannya, dia sepanjang musim dia berada di balapan. Termasuk dua stewards atau pembantunya nanti dari utusan FIM akan permanen, agar punya dedikasi. Mereka bisa pantau perilaku pembalap di sirkuit sepanjang lomba, sehingga diharapkan keputusan benar-benar adil.

Berarti usulan Dorna sebagai promotor diterima. Saat kasus antara Valentino Rossi dan Marc Marquez, Dorna dituding berpihak karena Dorna juga anggota RD. “Tapi sekarang kami sudah tak terlibat dalam pengambilan keputusan menghukum. Sudah ada panel sendiri soal itu,” timpal Ezpeleta, pemilik Dorna yang mengatakan dalam pertemuan itu juga dibahas soal ban yang pecah saat testing di Sepang. Katanya nanti akan keluar peraturan tambahan soal ban ini salah satunya ban harus punya sensor tekanannya.

Macam mana itu sensor nanti akan diumumkan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Pasca Tes Sepang: Suzuki Masih Akan Masuk Ke Terowongan Angin

MotoGP 2015: Pasca Test Sepang, Rossi Mulai Penasaran Terhadap Stoner

MotoGP 2016: Hasil 3 Hari Test Sepang, Stoner Dan Rossi ‘Seimbang’

MotoGP 2016 Tes Sepang: Inginnya Marquez Tercepat, Apa Daya RC213V Belum Mampu, Dikalahkan Rossi!

MotoGP 2016 Tes Sepang: Inginnya Marquez Tercepat, Apa Daya RC213V Belum Mampu, Dikalahkan Rossi!

BAGIKAN