nhk

MotoGP 2016: Iannone Mau Belajar Dari Stoner, Cara Benar Bawa Ducati

 

ManiakMotor – Beberapa kali Andrea Iannone tahun lalu berduel dengan pembalap Yamaha dan Honda. Tapi dia sering kalah. Katanya sih motor oke, cuma ilmunya membawa Ducati lebih laju sudah ‘mentok’. Iannone mencontohkan duel kerasnya saat di Australia yang menyalip sekaligus Marc Marquez dan Valentino Rossi. Tapi katanya, balap tidak sekadar aksi menyalip itu, tapi rangkaian banyak lap.

Munculnya Casey Stoner sebagai tester Ducati dan brand ambassador yang kemungkinan dapat wild card, berkah buat Iannone. “Saya senang dia (Stoner) kembali.  Keutungan buat joki Ducati. Casey pembalap yang punya teknik khusus  untuk membawa Ducati kencang. Saya harus belajar dari dia,” kata Iannone.

Sampeyan juga tahu, Stoner legenda hidup Ducati  lantaran dia satu-satunya pembalap yang juara dunia dengan merek Italia itu  2007. Stoner juga dengan ‘mudah’ ngebut pakai Ducati sekadar juara seri sebelum dia hengkang ke Honda. Prestasi yang susah payah dikejar Iannone dan Andrea Dovizioso kendati Ducati telah dipoles oleh Gigi Dall’Igna.

Ilmu utama Stoner di Ducati sangat percaya diri, bahwa itu Ducati mampu membelok sama cepat dengan Honda dan Yamaha. Kalau dulu sih, Stoner kerap melakukan slide roda belakang agar moncong Ducati  mudah berpaling ke arah tikungan. Mirip-mirip dengan gaya Marquez di Honda masuk corner. Bedanya Marquez segera menegakan motor yang hanya badannya gergelantungan keluar dari tikungan.  Kalee itu yang akan dipelajari Iannone?

Menurut Iannone Ducati GP16 tinggal pengembangan dari GP15 yang sebenarnya sudah oke. “Gigi Dall’Igna sudah menciptakan motor yang kompetitif pada wujud GP15, bahkan sejak GP14. Tapi lawan-lawan kami juga sangat kuat,” tambah Iannone yang dengar-dengar tahun ini sudah nggak pakai helm Indonesia????

Maka lebih sip bila ada tutor semacam Stoner, kan begitu maksud Iannone. Juga maksud  Ducati memanggil ulang Stoner. Joki Australia 30 tahun itu dibutuhkan input soal pengembangan motor dan cara membawanya. Stoner akan memulai test dengan Ducati pada 30 – 31 Januari sebelum test resmi IRTA pada 1 – 3 Februari 2016 di tempat sama alias di Sepang, Malaysia. Ito 

BACA JUGA

MotoGP 2016: Rossi Berlatih Motocross Dengan Jumping-Jumping, Makin Asah Nyali

MotoGP 2016: Kepala Kru Lorenzo, Menyudutkan Rossi Soal Data M1

MotoGP: Valentino Rossi ‘Memperkenalkan’ Livery Dan ‘Spek’ Yamaha M1 2016

MotoGP 2016: Sirkuit Brno Perpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2020

MotoGP 2016: Ironis Juga Stoner Hanya Cukup Sabagai Tester Di Ducati?

BAGIKAN