nhk

MotoGP 2016 Inggris (Jelang FP3/FP4/Q2): Marquez Akan Benahi Ban Belakang Di Tikungan Cepat

 

ManiakMotor – Unggul di klasemen, belum membuat Marc Marquez santai saja. Ia tetap maksimal di Silverstone, Inggris pada hari pertama Jumat 2 September 2016. Dalam dua sesi latihan berlalu belum terlihat tanda-tanda MM akan mampu mempermak para pesaing dekatnya di klasemen itu. Bahkan sempat klontang di FP1, posisi akhir MM di FP2 hanya urutan 5, dijepit Jorge Lorenzo di urutan 4 dan Valentino Rossi ke-6. Artinya, beti alias beda-beda tipislah antara tiga jagoan aspal ini.

Karakter Silverstone yang menyajikan banyak tikungan cepat jadi santapan M1 dan saat ini sudah ada Ducati juga. MM mengaku masih bingung menentukan setelan RC213V-nya. Terutama untuk ban belakang. Ada dilema di sana. “Di trek ini harus banyak memaksimalkan roda belakang untuk melahap tikungan panjangnya. Tapi di sisi lain, power mesin tak boleh terlalu besar tersalur ke roda belakang. Kalau itu terjadi maka ban cepat habis,” cetusnya dan sampai akhir sesi FP2 belum bisa menentukan langkah mana yang akan diprioritaskan.

Ia mengaku rumit mengatur perangkat elektronik guna  menyalurkan power ke roda belakang efisien. Tapi bukan pabrikan elit di MotoGP bila tak bisa memecahkan masalah tersebut. MM sudah coba ban belakang berkompon keras untuk mengantisipasi daya tahannya untuk 20 lap sesuai jadwal lomba.

Tapi, apa mau dikata, ia merasa hanya bertahan dan aman untuk 10 laps saja dalam ujicobanya di dua latihan kemarin. “Setelah 10 lap, kondsi gripnya sangat berubah. Kami coba setingan berbeda, tapi tetap saja hasilnya sama,” keluh jurdun 2013 dan 2014 ini.

MM akui belum memastikan setingan digunakan pada raceday sangat tergantung hasil pembenahan pada sesi Sabtu (3/9) ini.yang jelas, tekad anak muda inimasih sama: menjauh dari kejaran Rossi dan Lorenzo. Bagaimana caranya, ya lihat nanti saat balapan! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

MotoGP Inggris 2016 Jelang FP3/FP4: Lorenzo Jaga Kecepatan Konstan, Demi Satu Ini

Motogp Inggris 2016 Jelang FP3/FP4: Rossi Acung Jempol Sasis Baru, Ragu Sama Lengan Ayun

MotoGP Silverstone 2016 FP2: Iannone Tercepat, Vinales, Cal Dan Ke-6 Rossi

MotoGP Silverstone 2016 Jelang Race: Rossi Akan Pakai Sasis Dan Swing Arm Baru Di FP2

BAGIKAN