nhk

MotoGP 2016 Inggris (Jelang Race): Setelan Basah M1 Rossi Oke, Kering Belum Dapat

ManiakMotor – Valentino Rossi yang tengah berjuang mendapuk poin maksimal akan start dari front row GP Inggris di Silverstone, Minggu 4 September. Sesi Q2 yang dihias hujan deras ia lakoni dengan set up M1 yang mantap. Sayang,  cuaca saat raceday diprediksi kering dan doski belum siap. Itu terlihat  dari hasil FP3 yang kering dirinya hanya ke-10.

Sesi FP4 yang hujan diakui The Doctor menjadi faktor yang menguntungkannya membangun set up basah. Ternyata setingan itu jitu terpakai pada Q2.  “Kami memodifikasi beberapa bagian untuk keseimbangan motor. Jika balap berlangsung basah, setingannya siap. Sayangnya balapan diprediksi akan kering, padahal saya belum dapatkan setelan terbaik untuk kondisi itu. Tapi semoga, start dari front row bisa jadi modal,” kata Rossi yang hampir terpaut 1 detik dengan Cal Crutchlow yang tercepat atau tepatnya 0.998 detik.

Rossi nggak bilang sih setelan basah itu didapat dari mana, hanya katanya keseimbangan. Juga nggak bilang, powernya dibikin lembut dari mapping elektronik agar munculnya tenaga awal nggak terlalu besar yang merugikan di hujan. Dia juga nggak bicara bannya dikompesin dari tekanan biasanya. Hehe… pastinya yang tidak dibicarakan Rossi itu bagian dari trik basah.

Rossi mengakui saat kering motornya kalah dibandingkan Vinales, Iannone dan Marquez. Itu tadi patokannya di FP3 yang keteteran. Itu tak lain karena Rossi belum temukan tipe ban (depan maupun belakang) yang klop dengan sasis baru M1.

Ia perkirakan sebagian besar pembalap belum memutuskan pakai ban tipe apa jika balapan berlangsung kering. “Untuk roda depan saya cocok dengan ban lembut, tapi sangat berisiko jika digunakan untuk balapan selama 20 laps. Tipe lainnya sama saja, belum terlalu oke. Begitu juga untuk belakang,” keluh The Doctor. 

Lantas, pasrah saja Kang, gitu mah atuh? “Semoga Minggu pagi ini tak hujan, agar ada kesempatan memperbaiki setelan di warm up. Kami harus temukan cara agar ban masih ngegrip saat lomba menempuh setengahnya,” imbuh Rossi yang sepanjang sesi latihan sudah ngetes beberapa jenis kompon ban tapi belum yakin daya tahannya bisa diatur agar kuat main 20 putaran. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Inggris 2016 Jelang Race: Dalam Selap Rossi Cs Hanya 11 Kali Ngerem, Silverstone 18 Tikungan

MotoGP Silverstone 2016 Q2: Kualifikasi Basah, Cal Tercepat, Rossi Kedua, Marquez Jatuh

MotoGP Silverstone 2016 FP4: Sirkuit Basah, Marquez Tercepat

BAGIKAN