nhk

MotoGP 2016 Inggris (Pasca Race): Vinales Dintungkan Putaran Menengah Sikit Ke Atas GSX-RR

ManiakMotor – Power Suzuki GSX-RR tersedia untuk putaran tengahnya sikit ke atas di lintasan cepat Silverstone. Perkembangan yang tak boleh dipandang enteng untuk ke depan. Handling bodinya pun antep di belokan-belokan. Cantik dengan tipikal Maverick Vinales rapi di sirkuit yang memiliki tikungan cepat. Tapi kesimpulannya, GSX-RR mulai terbangun perfomanya.

Akhirnya menang perdana di kelas primer GP Inggris, Silverstone, Minggu (4/9-2016) dapat Suzuki bersama Vinales. “Ini semacam mimpi yang jadi kenyataan,” ucap rider muda Spanyol itu usai finish dengan gap waktu mencengangkan terhadap pembalap senior dengan motor pabrikan yang ditakuti selama ini. Sempat meninggalkan posisi kedua yang diperebutkan banyak joki sekitar 5 detik. Memang saat finish tinggal 3 detik koma sekian, tapi itu semata si Vinales telah mengendurkan kecepatannya lantaran tak ada ancaman.

Mimpi itu sudah dirasakan MV sejak Sabtu malam, sehari jelang lomba. Motornya sangat kuat di lintasan kering berdasarkan hasil latihan. Kepercayaan dirinya pun melambung menyongsong raceday. “Saya tak bermimpi jadi juara meski di atas kertas ada peluang. Jika peluang itu ada, akan main 100% untuk meraihnya. Yang pasti, tenaga dan bodi motor kami cocok dengan Silverstone,” ucap MV yang kemudian memang tarung pol-polan saat balapan.

Lantas, pada aspek apakah kecocokan GSX-RR dengan Silverstone, dibandingkan Ducati, Honda dan Yamaha yang punya power engine boleh setel bertingkat. Suzuki terbilang pas-pasan pada top speed. Boleh lihat top peed MV yang hanya 318 km/jam dan berada di urutan ke-13 tercepat. Jangankan dengan tim pabrikan Ducati, Yamaha dan Honda, dengan  tim satelit Ducati dan Honda pun kalah.

Dari situ, Silverstone ini larinya enak di bawah 300 km/jam yang dibutuhkan Silverstone. Boleh dikata pyutaran menengah ke atas sikit. Sudah dihitung para insinyur Suzuki dan Vinales, top speed hanya sekali diraih di trek lurus hanya 770 meter. Di luar top speed, GSX-RR memperoleh putaran idealnya. Karena dorongan yang pas, dia mudah berubah arah  di 18 tikungan cepat Silverstone.

Tentu dilengkapi set-up sesuai cara Vinales yang memang menikmati trek macam itu. Vinales ini tipenya macam Jorge Lorenzo, tapi rada ‘berangasan’ di lintasan. “Di trek ini perubahan arah sangat cepat terjadi dan di situlah kami memetik keuntungan. Sangat bagus di tikungan cepat,” tutur MV yang juga bersyukur bisa dapatkan setelan mumpuni yang membuat bannya bisa tarung apik dalam durasi 20 laps.

Ini kemenangan pertama Suzuki sejak 2007. Seperti Andrea Iannone dan Cal Crutchlow yang juga raih kemenangan perdananya musim ini, MV tentu ingin lanjutkan mimpi meraih kemenangan kedua. Dan, di sisi lain, ketiga rider ini menjadi bukti kalau regulasi ECU (Electronic Control Unit) yang berlaku tahun ini membuat persaingan makin rapat. Tak melulu milik anak-anak Honda dan Yamaha. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Marquez Main Keras, Rossi Justru Suka dan Ngeledek Makasih

MotoGP Silverstone 2016 Race: Hebat, Vinales Juara Dengan Suzuki, Cal ke-2 Dan Rossi Ke-3

MotoGP Inggris 2016 Warm Up/Jelang Race : Balapan Diundur Hindari F1, Hernandez Tercepat

BAGIKAN