nhk

MotoGP 2016 Inggris (Race): Lorenzo Andalkan Strategi Kuno, Kalah dan Menyerah di Klasemen

ManiakMotor – Janji main basah ada perkembangan, kering pun Jorge Lorenzo tak seseram yang diperhitungkan. Silverstone yang harusnya ‘milik’ Yamaha terutama Lorenzo karena tikungan-tikungannya cepatnya ternyata tak demikian. Pokoknya kasihanlah Mas JL ini karena semakin jauh ditiunggal Marc Marquez dan Valentino Rossi, teman setimnya.

M1 2016 jadi alasan Jl kalah. Itu motor berikut ECU standarnya sangat sulit dapat setelan yang ia inginkan. Entah karena kru Yamaha sudah setengah hati atau memang JL setengah frustrasi, strategi lawas pun dipasang untuk menghadapi lawan. Suspensi M1-nya pun diseting lebih keras agar cepat beloknya.

Caraitu dipakai JL musim 2012 di Silverstone dan sukses menekuk duet Honda Casey Stoner dan Dani Pedrosa dengan selisih 3 detik lebih di garis finish. “Strategi itu kami pasang saat warm up. Dulu berhasil, sekarang sama sekali tak bekerja. Malah lebih kacau, ban tidak punya grip karena lebih mengambang. Sejak ronde 9 roda belakang malah oglek-oglek seperti ada baut yang lepas,” keluh JL yang dengan susah payah akhirnya finish ke-8.

Waduh, Lorenzo ini serius bicara apa tidak. Tuh bilang seperti ada baut lepas lah. Apa mungkin itu? Atau hanya terjadi pada motor Lorenzo. Atau hanya perasaannya?  Ya hanya Lorenzo yang tahu.

Kini di klasemen MM defisit 64 dan dari VR tertinggal 14 poin. Dengan sisa 6 lomba, situasi itu membuat JL menyerah dan mengaku tak lagi peduli dengan klasemen. Ia pasrah tak bisa pertahankan gelar tahun ini. “Saya nggak peduli lagi. Motor saya tak kompetitif dan sudah kehilangan banyak poin. Kita tunggu saja seri Misano. Kalau kering mungkin bisa berebut juara, kalau hujan semoga dapat kemajuan,” tandas JL.

Menyerah dari MM, tak berarti JL juga menyerah dari Rossi. Selisih14 angka masih logis dikejar, terlebih karena Rossi adalah salah satu target yang sejak awal harus ia kalahkan demi harga diri. So, masih akan seru Bro! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Moto2, Moto3 Semua Sesi 2 – 4 September 2016

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Salah Pilih Ban, Marquez Tak Merasa Kalah Dari Rossi

MotoGP 2016 Inggris (Pasca Race): Vinales Dintungkan Putaran Menengah Sikit Ke Atas GSX-RR

MotoGP Inggris 2016 (Pasca Race): Marquez Main Keras, Rossi Justru Suka dan Ngeledek Makasih

 

BAGIKAN