nhk

MotoGP 2016 Jelang Amerika; Ducati Justru Lebih Cemerlang Awal Tahun Lalu

ManiakMotor – Sebenarnya Ducati tahun ini lebih ‘ringan’ pengembangannya. Adaptasinya dengan ECU Magneti Marelli lebih duluan. Statusnya tahun lalu Open Class menjadi proyek pendahulu elektronik yang digunakan 2016. Memang gantinya mereka tak dapat konsesi kelebihan bahan bakar yang boleh diboroskan dan hasilnya banyak tenaga. Juga tak perlu khawatir daya tahan mesin karena diberi jatah lebih banyak.

Awal musim tahun lalu prestasi Ducati cemerlang. Sampai tiga seri awal, Andrea Dovizioso berada di podium kedua. Itu tantangan buat pembalap inti Ducati yang kudu mengulang prestasi sama atau lebih tahun ini. Juga sudah disuarakan para bos Ducati untuk bisa juara seri, tidak sekadar podium.

Dipromosikan, Ducati tahun ini punya resep yang mumpuni lewat aerodinamis dengan wingletnya. “Suspensi juga nyaman. Power dengan top speed tinggi tanpa kehilangan torsi pada mesin Desmosedici ’16. Ducati punya potensi 2016 ini dan jangan diremehkan,” gertak s Casey Stoner si tester Ducati 2016.    

Mungkin kalau Stoner yang naik, ya kalee. Sudah sampai seri kedua dan menuju ronde tiga, sudah gagal di Argentina. Gagalnya pun dua motor sekaligus yang bikin Iannone yang poinnya masih nol. Tapi andai pun jalannya lomba normal, justru Suzuki yang menganggu Ducati. Itu kalau Maverick Vinales nggak jatuh, Ducati hanya kebagian podium ketiga andai pun mereka nggak jatuh. Belum lagi Valentino Rossi yang memang masalah dengan motor keduanya.

Kini masuk Austin di GP Amerika yang tahun lalu Dovizioso kedua. Dengan catatan, tahun itu Honda yang jagoan di Austin tanpa Dani Pedrosa. “Kami menuju Austin dengan keyakinan penuh. Ini trek yang saya suka.  Ducati kompetitif dan saya siap mengatasi persoalan fantastis di lintasan,” sesumbar Dovi yang sudah dua kali podium di Amrik yang 2014 ketiga.

Maksudnyanya fantastis macam di Argentina kemarin seperti persoalan ban yang mengoyang mental joki. Termasuk senggolannya dengan teman setim Andrea Iannone saat race. Pokoknya, Dovi tahu, Austin sangat jauh berbeda dari sirkuit yang dipakai dua ronde sebelumnya. Daaaan, kamu harus buktikan lebih baik dari perjalanan awal tahun lalu. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Amerika: Rossi Berpikir Cepat Menyetel M1 Segera Pas Dengan Austin

MotoGP 2016 Jelang Amerika: Fisik Viñales ‘Jaminan’ Podium Di Austin

MotoGP 2016 Jelang Amerika: Lorenzo Serius Ke Ducati Nih, Walau Dibantah

MotoGP 2016 Jelang Amerika: Karakter Sirkuit Austin Yang Komplet, Rossi Minta Michelin Siap

MotoGP 2016 Jelang Austin Amerika: Kata Cewek Cantik Ini, Sinting Yang Meremehkan Rossi

BAGIKAN