nhk

MotoGP 2016 Jelang Amerika: Rossi Berpikir Cepat Menyetel M1 Segera Pas Dengan Austin

ManiakMotor – Karena M1 kurang ‘pas’ dengan sirkuit Austin di Texas, Amrik, penunggangnya harus kerja all out. Bekerja keras dan cepat memahami kerja motor, elektronik, dan ban pada lintasan. Unsur  penting di sirkuit di daerah ‘koboi’ tersebut yang serba butuh semua karakter laju motor.  

Itu yang dikemukakan Velentino Rossi saat masuk ke GP Amerika yang raceday-nya berlangsung 10 April 2016. Hanya selang seminggu dari Argentina di mana Rossi dapat ‘keberuntungan’ podium ke-2. “Historisnya Austin memang sulit bagi kami dan Yamaha, tapi tahun lalu saya bisa tiba  di podium. Harus dicoba lagi tahun ini dengan cara cepat beradaptasi,” kata Rossi yang sampai seri dua lalu berada di posisi dua klasemen.

Yang katanya bersamaan memahami motor, elektronik dan ban yang memang satu kesatuan. Itulah yang dinamakan set-up agar semua bagian saling menunjang. Termasuk diri pembalapnya untuk melaporkan pada para montirnya untuk merangkum setelan motor yang pas di Austin. Wah kalau soal itu, rasanya Rossi nggak perlu diajari, hehe. Pemain paling banyak pengalaman di MotoGP saat ini.  

Yamaha yang disebut Rossi kurang cocok dengan Austin, memang iya. Terutama pada sudut-sudut Austin yang pakai gigi rendah yang otomatis kecepatan lambat. Juga dari trek lurus ke R1 yang memaksa dari kencang bangat berubah drastis jadai lambat. Dulu, distrubusi bobot M1 bermasalah di sini. Makanya sejak Austin dipakai 2013, Yamaha hanya kebagian podium ketiga lewat Jorge Lorenzo 2013 dan tahun lalu Rossi. Selebihnya oleh musuh, bahkan Ducati pernah podium kedua tahun lalu.   

Itu dulu, ketika masih pakai aturan lama. Bukan berarti tahun ini lebih mudah, justru lebih berat, terutama dengan eletronik yang butuh kontrol tambahan dari pembalapnya. Juga ban baru yang nggak ada data sama sekali di situ.

Di situ juga asyiknya karena dirasakan rame-rame. Maka dituggu peran Rossi yang akan cepat melacak komposisi settingan. “Intinya saya senang datang ke Austin. Belajar dari motor kedua kemarin di Argentina bermasalah dengan ban belakang, bagian ini juga yang dapat perhatian sejak awal,” pungkas Rossi.

Ingat ya, penonton di Indonesia kembali bergadang, nggak beda-beda jauh dengan waktu Argentina. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Jelang Amerika: Fisik Viñales ‘Jaminan’ Podium Di Austin

MotoGP 2016 Jelang Amerika: Karakter Sirkuit Austin Yang Komplet, Rossi Minta Michelin Siap

MotoGP 2016 Jelang Austin Amerika: Kata Cewek Cantik Ini, Sinting Yang Meremehkan Rossi

MotoGP 2016 Jelang Austin Amerika: Podium Muntahan Pedrosa, Bikin Senyum..!

BAGIKAN