nhk

MotoGP 2016 Jelang Aragon: Tempur atau Tidak, Marquez Lihat Situasi Klasemen

Marc Marquez di Aragon 2016

 

ManiakMotor – Main di bumi Spanyol, wajib hukumnya juara bagi Marc Marquez menunjukan siapa dirinya. Walau dia sudah seorang Marquez yang mainnya kamu tahu sendiri yang emosinya  meledak-ledak. Itu dulu. Tahun ini beda coy, ia tak harus juara mulu untuk menjadi juara dunia 2016. Ada point yang sedang dirawatnya.

Taktik Marquez kira-kira seperti juara dunia 2006, Nicky Hayden hanya dua kali menang dalam 17 seri balapan. Tapi, itu cukup untuk mengalahkan Valentino Rossi di akhir musim. Dan, itulah contoh terbaik untuk MM tahun ini, yang juga menghadapi kejaran Rossi di klasemen dengan selisih poin 43 angka.

Sisa kejuaraan tinggal hanya 5 seri, maka tak wajib hukumnya buat Marquez ngotot mengejar P1. Cukup finish di depan atau persis di belakang Rossi sudah cukup. “Tentu saja saya ingin tampil podium untuk menghibur fans yang akan membludak.Tapi,segala sesuatunya akan dipertimbangkan sesuai situasi diihadapi saat lomba.Tergantung situasi untuk klasemen,” ucap MM dalam rilis tim Repsol Honda.

Sudah 13 seri berlalu, Marquez baru  menang 3 kali tapi selalu finish 5 Besar kecuali di GPPrancis yang P13. Tahun ini ia tak pernah DNF, bandingkan tahun lalu yang 5 kali retire. Marquez sedang memainkan perannya untuk bertahan dari kejaran Rossi. Tapi bila sekali retire dalam balapan berikutnya, maka lampu kuning sudah layak menyala buat Marquez.

Seperti di Silverstone dan Misano lalu, sepertinya cara main MM juga akan sama di Aragon. Fokusnya pada The Doctor saja agar posisidi klasemen tetap nyaman. Sejak jauh hari MM sudah bahas kemungkinan hal itu.

Itu tadi Bro, ia akan tempur sepanjang bisa melawan dan mepet Rossi. Pembalap lain bukan lawan di klasemen. Kalau nggak bisa, ya main aman sajalah karena tujuan akhir adalah mempertahankan posisi puncak klasemen sampai akhir musim.

Nggak ramai dong. Andro

BAGIKAN