nhk

MotoGP 2016 Jelang Aragon: TrekTeknikal, Ban Kembali Jadi Penentu

MotoGP Aragon 2016 Michelin

 

ManiakMotor – Sirkuit ultramodern Motorland Aragon di Spanyol dikenal salah satu trek teknikal. Membalap di sana  setiap sudutnya memiliki jurus tersendiri, makanya disebut teknikal.  Butuh teknik mengendara dari pembalapnya dan butuh teknik pula dari pasukan mekanik untuk membangun set-up. Itu akan mereka lakukan di ronde 14 MotoGP pada 24 – 25 September 2016.

Di saat sama, mau hujan kek, kering kek, tetap jadi pinter-pinternya pembalap milih kompon ban. Karena ban ini bagian yang diprediksi menjadi salah satu poin krusial sejak sesi latihan. Trek sepanjang 5,077km itu menghamparkan 17 tikungan (10 kiri, 7 kanan). Jalurnya anticlockwise alias berlawanan arah jarum jam. Model hairpin dan tikungannya pun rapat-rapat yang sudap pasti cepat berubah arah.

Di beberapa sektor membutuhkan hard braking atau pengereman keras. Belum lagi tingkat abrasi aspal Aragon yang doyan ‘makan’ ban. Soal strategi ban ini makin menarik karena Michelin telah mempersiapkan ban yang belum tentu cocok dengan kebutuhan para joki.

Michelin yang memang ‘baru’ di MotoGP selalu menyesuaikan dengan sirkuit. Spesifikasi  produknya dari sirkuit ke sirkuit selalu berbeda. “Seperti mulai dari baru lagi, ini race pertama kami di Aragon. Tapi, di sisi lain, hal ini diharapkan justru membuat balapan makin seru,” kata bos Michelin Piero Taramaso.

Karenanya, Michelin pun mengalokasikan banyak pilihan kompon untuk dipertaruhkan. Untuk ban depan tersedia tipe soft, medium maupun hard tyre. Yang keras ini dibikin asimetris, lebih tebal di bagian kiri karena nikung banyakan ke kiri. Untuk belakang tersedia kompon medium dan hard yang dua-duanya asimetris. Jika hujan, tentu saja tersedia wet tyre untuk depan maupun belakang.

Artinya, belum ada ancar-ancar kombinasi ban macam mana yang mantap di Aragon yang karakter cuacanya juga beda, dingin ya dingin banget dan kalau panas ya juga banget. Semua rider harus cari sendiri rumusnya di sesi latihan dan seterusnya sampai balapan sesuai suhu di lintasan. Dan memang seperti itu kan setiap balapan, makanya ada sesi latihan. Andro

BAGIKAN