nhk

MotoGP 2016 Jelang Aragon: Ujian Aksi Vinales Bersama GSX-RR, Jagoan Muda Tuan Rumah

Maverick Vinales di Aragon 2016

 

ManiakMotor – Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez sudah lama menjadi local hero setiap kali sirkus MotoGP singgah di Spanyol. Kini negera itu punya tambahan idola, rider muda tim Suzuki berusia 21 tahun. Yoi, Maverick Vinales namanya!

Seperti sampeyan semua tempe, eh tahu, Vinales langsung jadi sorotan saat terpilih sebagai tandem Valentino Rossi tahun depan. Dia akan membela tim pabrikan Yamaha. Namanya makin moncer setelah membawa kemenangan bersejarah buat tim Ecstar Suzuki di GP Inggris lalu. “Seperti pembalap Spanyol yang lain, pasti menyukai trek Aragon yang menantang. Perlu skill dan stamina tersendiri melakoninya, dikombinasi dengan spek serta setelan motor yang bagus. Sulit tapi menyenangkan,” ucap Vinales yang menapak dari Moto3 dan Moto2 sebelum menjejak di kelas primer.

Kalau Vinales sih pasti akan lolos ujian di Aragon, lantaran dia anak kampung sana. Dia hapal sirkuitnya. Tapi kalau bersama motor Suzuki  GSX-RR–nya, perlu diuji ulang. Aragon berbeda jauh dengan Silverstone yang membuat Vinales juara. Boleh dikata, semua kemampuan GSX-RR  wajib tersedia. Harus punya power menengah  atas di tikungan cepat. Punya dorongan akselerasi kuat usai menikung lambat. Punya peralihan bobot yang prima saat pengereman keras, harus lincah dan sebagainya seperti balapannya mengarah ke kiri.

Keuntungan buat Vinales menempatkan Aragon sebagai salah satu sirkuit favorit. Daya hapalnya pada sirkuit akan membantu membangun set-up motornya. “Aragon juga acap panas banget. Jika demikian, modal dari Misano bisa dijadikan referensi. Tadinya kami pikir akan bermasalah dalam cuaca panas, ternyata tidak lagi. GSX-RR sudah banyak mengalami kemajuan,” imbuh Vinales yang finish 5 Besar di Misano, di bawah para joki pabrikan Honda dan Yamaha.

Beda lagi jika raceday Aragon berlangsung dalam suhu dingin atau hujan, optimisme Vinales malah semakin tinggi. Ia yakin basis set up pada Suzuki GSX-RR-nya sudah mantap dan hanya butuh sedikit kilik-kilik untuk penyesuaian aktual dalam kondisi demikian.

Dan, Vinales paham kalau banyak yang penasaran menunggu aksi lanjutannya, yang salah satunya mungkin sampeyan ya! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

BAGIKAN