nhk

MotoGP 2016 Jelang Aragon: Waduh, Sayang Rossi Tak Pernah Menang di Aragon

Valentino Rossi Di Aragon 2016

 

ManiakMotor – Daftar juara musim ini aneh-aneh. Buktinya ada 8 rider berbeda yang juara dalam 8 race terakhir. Mungkinkah akan ada pembalap ke-9 di Aragon? Atau mungkin ada ‘keanehan’ lain bahwa Valentino Rossi pun bisa menang di trek itu?

Rossi memang masih jadi buah bibir di komunitas MotoGP. Bukan karena pembalap paling tuwir, tapi karena ia pembalap terdekat yang bersaing dengan Marc Marquez dalam jalur kejuaraan dunia 2016. Agar balapan tetap seru dan diminati penonton hingga seri terakhir, banyak yang berharapThe Doctor bisa memangkas poin MM secara signifikan di Aragon. “Kalau point memang suliit, tapi balapan belum selesai. Fokusnya selalu di depan yang memimpin Klasemen,” sebut Rossi.

Selain fans VR46 pastinya, yang punya harapan sama adalah orang-orang Dorna selaku promotor. Kalau Dorna sih kontraknya per tahun, tapi kredibilitas mereka dinilai dari jumlah penonton yang datang langsung ke sirkuit dan rating siaran langsung televisi. Jaminannya tentu pertarungan yang berkualitas di sirkuit dan serunya perebutan klasemen. Di dalamnya juga para pengelola sirkuit ronde berikutnya di GP Malaysia, Jepang, Australia, dan Valencia agar trek mereka masih dibanjiri penonton. Karena penonton hak sirkuit yang disinggahi MotoGP.

Sayangnya, sulit mengunggulkan The Doctor di kandang para rider Matador itu jika mengacu pada sejarah. Rossi tak pernah juara di Aragon sejak  2010. Sama dengan Austin di Amrik sana. Inilah dua dari 18 sirkuit musim ini di mana Rossi belum mencicipi podium pertama. Maklum, trek yang berlawanan arah jarum jam, bukanlah karkater sirkuit yang jadi favoritnya. Prestasi terbaiknya di Aragon hanyalah podium ke-3 musim 2013 dan 2015.

Itu sebab Rossi pun realistis saja menghadapi seri Aragon tanpa memperdulikan selisih poin 43 saat ini. “Yang bisa dilakukan adalah menyusun set-up motor sebaik-baiknya sejak sesi FP. Juga berjuang maksimal saat raceday,” sebut Rossi yang pasti akan sibuk menyetel M1-nya lincah tengok-tengoknya dan cepat akselerasinya dari tikungan ke tikungan.

Ayo Kang Rossi, goyang dumang oey! Andro

BAGIKAN