nhk

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Modal Marquez Temuan Set-Up Dari Qatar, Buat Dendam

ManiakMotor – Data RC213V untuk 2014 dan 2015 tak relevan lagi. Aturan telah berubah lewat ban dan elektronik. Karenanya, Marquez berharap temuan set-up di Qatar akan efisien digunakan di sirkuit di Termas de Rio Hondo, Argentina, jadi tempat ronde 2 MotoGP 2016 pada 3 April nanti. Itu baru harapan.

Tak disebutkan temuan macam apa yang ada pada RC213V. Yang jelas, saat di Qatar itu, RCV Marquez kesulitan keluar tikungan pada latihan pertama dan kedua, sambungan dari problem tes pramusim. Tapi FP3 berhasil disembuhkan. Dia bisa gelantungan keluar tikungan sampai bibir terluar racing line. Lajunya motor tidak terganggu akibat koreksi kebanyakan. Hasilnya juga ketiga saat lomba. “Untuk sementara, itu menjadi andalan kami masuk ke GP Argentina dan umumnya GP Amerika,” sebut Marquez pada MotoGP.Com.

Saat itu yang difokuskan pasukan Repsol Honda Team di kubu Marquez modifikasi pemetaan elektroniknya. Cerita elektronik keluar tikungan, adalah control traksi. Pasti ada kombinasinya dengan gigi-gigi rasio agar reduksinya nyambung dengan traksi. Kalee bagitu dan hanya itu yang bisa dilakukan. Kan mesin sudah disegel, sebelum lomba berlangsung.

Celah pengaturan motor yang ‘rada’ mumpuni ini akan digabungkan pula dengan sikuit Termas yang menurut Marquez dia sukai. Dia datang ke Argentinya katanya dengan suasana hati yang riang. “Finish ketiga di Qatar, hasil yang sulit diprediksi sebelum awal musim. Kami bekerja sangat keras sampai menemukan set-up yang tepat, apakah bisa juga digunakan di sini (Argentina), nanti dilihat sejak sesi latihan Jumat,” sebut Marquez yang masih tanda tanya.

Argentina menjadi ronde yang ‘buta’ buat aturan baru.  Apalagi ban Michelin yang ketemu beda suhu dengan Qatar dan jenis aspalnya. Masih ingat kan tahun lalu di Argentina, ban menjadi perang strategi menghadapi lomba. Padahal saat itu Bridgestone sudah digunakan setahun sebelumnya di tempat sama. Apalagi ban baru yang datanya di Argentina masih nol. Yang pasti Marquez punya dendam dalam tanda petik akibat ditersenggol oleh Valentino Rossi saat lomba tahun lalu di negaranya Lionel Messi itu. Ito 

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Plin-Plan Juga Si Stoner, Mau Balap Apa Nggak Sih?

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Rossi Vs Marquez, Satu Sama, Plus Perilaku Lorenzo

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Ujian Regulasi Di Termas de Río Hondo, Tempat Kenangan Rossi Vs Marquez

MotoGP 2016: Bradley Smith Tertarik Ke KTM 2017, Karena Pabrikan

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Torsi Ducati Besar, Top Speed Pun Cepat, Lorenzo Tertarik? 

BAGIKAN