nhk

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Rossi Tetap Senyum Pada Motornya

 

ManiakMotor – Soal ban pastilah semua peserta MotoGP sudah tahu kinerjanya. Termasuk Valentino Rossi, telah punya data terhadap daya tahan saat lomba benaran. Kan sebelumnya belum pernah ada bro, Michelin dipakai di lomba benaran. Ada sih dulu, sudah 7 tahun lalu. Analisanya dari seri pertama di Losail, Qatar yang ternyata tipe soft Michelin di roda blakang untuh sampai finish dalam 22 lap.

Rossi memang tak sebut ada kesalahan pilih ban. Tapi dari pertempuran berebut podium, doski sendiri yang pakai slick medium di belakang. Terlihat saat lomba dia tak punya akselerasi keras dibanding pemakai soft. “Motor sih kompetitif. Saya yakin itu. Tapi pilihan ban memberi perbedaan kecepatan. Ndak apalah, masih dekat-dekat dengan tiga besar,” kata Rossi usai lomba di Qatar dan belum kehilangan senyumnya.

Rossi pun sudah berpikir strategi ke sirkuit Termas de Río Hondo di Argentina, tempat ronde 2 MotoGP 2016 pada 2 April nanti. Tahun lalu Rossi memang juara di sirkuit sepanjang 4.8 km dengan 14 tikungan itu. Juaranya pun dilewati dengan perjuangan dari hadangan Mar Marquez. Dari sini juga katanya Marquez ‘rada sakit hati’ karena terjatuh saat duel keras dengan Rossi.

Menurut Rossi, lomba di Argentina tahun lalu adalah race yang besar. Salah yang terbaik pada penampilannya 2015, ya karena juara di sana. “Tentu tahun ini di Argentina akan berbeda pula. Terutama masih berkutat dengan ban. Potensinya harus dipahami kembali,” jelas Rossi yang masih penasaran soal ban.

Kalau dilihat di Qatar lalu, spekulasi atau perjudian Rossi  terhadap ban rada meleset. Masih cenderung cari aman. Beda dengan tiga lawannya di depan, bahkan Andrea Dovizioso nekat dengan soft depan dan belakang. Tapi Dovi aman-aman saja tuh, podium kedua. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2015 Tes Privat Ducati Stoner Di Qatar, Bantah Habis Ganti Petrucci

MotoGP 2016: Tiga Motor Podium Qatar Pakai Winglet, Alatnya Dilarang Akhir Musim

MotoGP 2016 Pasca Race Qatar: Iannone Dikalahkan Garis Putih

MotoGP 2016 Pasca Race Qatar: Vinales Kecewa Perilaku GSX-RR Saat Lomba, Beda Saat Latihan

MotoGP 2016 Qatar Pasca Race: Ke-3 Sudah Cukup Buat Marquez di Losail

BAGIKAN