nhk

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Rossi Vs Marquez, Satu Sama, Plus Perilaku Lorenzo

 

ManiakMotor – Antara Valentino Rossi dan Marc Marquez kedudukan satu sama di GP Argentina. Masing-masing juara sekali di sana. Yang belum sama senggolannya bikin MM jatuh, hehe. Senggolan maut terbawa sampai kasus Sepang 2015. Diiring Jorge Lorenzo yang kinerja M1-nya lagi apik. Belum lagi perilaku sesama  jagoan Yamaha sejak Rossi umumkan kontraknya, lalu soal Q2 dan selebrasi Lorenzo di Qatar 2016.

Panas memang! Semoga tersiar pada lomba ronde 2 MotoGP di sirkuit Termas de Río Hondo pada 3 April 2016. Itu yang paling ditunggu penonton. Permainan ketat. “Tanpa menyerang di Losail, coba diperbaiki di Argentina,” kata Rossi. “Termas dan Losail berbeda, sejarah Honda lumayan di situ,” timpal Marquez. “M1 saya saat ini lebih mudah menyesuaikan dengan ban dan ECU baru. Semoga juga cepat adaptasinya dari sirkuit berbeda,” sergap Lorenzo saat bicara usai lomba Losail yang diminta pendapatnya pada race selanjutnya.

Dengan tipikal cepat sirkuit Termas, sebenarnya ini masih santapan Yamaha. Sejak dulu garpu tala punya geometri enteng di tikungan melengkung ‘teratur’ yang panjang. Ada lima model belokan kesukaan Yamaha di sirkuit Termas de Río Hondo itu. Adanya di radius atau ‘R’ yang sekarang juga disebut ‘T’ atau turn 4, T6, T8, T11 dan T12.   

Karakter itu yang belum hilang dari Yamaha walau sudah berubah regulasi seperti terlihat di Losail. Kasak-kusuk test pramusim, Yamaha masih memasang rangka ‘rasa’ 2015 pada M1 2016. “Tahun lalu di Argentina adalah balapan besar. Saya muncul dari belakang dan bisa mengejar. Tahun ini adalah cerita berbeda dengan aturan baru, terutama ban,” tambah Rossi yang tidak diiyakan Lorenzo, hehe.

Lain dengan Honda mencetak ulang motornya alias baru semuanya. Makanya belum ketemu enaknya seperti terlihat di Qatar. Bahkan tandem Marquez si Dani Pedrosa keteteran. “Honda sudah bekerja keras membangun motor yang semuanya baru. Selanjutnya akan kerja, kerja dan kerja di GP Amerika. Kami siap,” tambah Marquez yang nggak bilang siap mengulang adegan tahun lalu dengan VR46 pada blog pribadinya, huss.

Soal siap-siapan, Andrea Dovizioso dengan Ducati Desmosedici 2016 harusnya juga siap. Tahun lalu dia kedua di sana bro, walau finish tertinggal 5 detik oleh Rossi. Ingat juga, sirkuit Termas punya trek lurus lebih panjang 9 meter dari Losail. Makanan Ducati pula. Berarti rame dong. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Ujian Regulasi Di Termas de Río Hondo, Tempat Kenangan Rossi Vs Marquez

MotoGP 2016: Bradley Smith Tertarik Ke KTM 2017, Karena Pabrikan

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Torsi Ducati Besar, Top Speed Pun Cepat, Lorenzo Tertarik?

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Lorenzo ‘Tinggalkan’ Yamaha, Selebrasi Histerisnya Disinggung Rossi

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Omongan Rossi Sesuai Targetnya

BAGIKAN