nhk

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Ujian Regulasi Di Termas de Río Hondo, Tempat Kenangan Rossi Vs Marquez

 

 

ManiakMotor – Regulasi baru berupa ban dan elektronik beserta bawaannya akan dapat ujian di GP Argentina. Bedalah dengan lomba di Losail, Qatar semua pembalap sudah familiar lantaran melakukan tes pramusim di situ, lalu dua minggu kemudian lomba di tempat sama. Otomatis peserta sudah banyak data dan hapal memainkan karakternya. Juga hapalan, Losail 12 kali digunakan. 

Sirkuit di Termas de Río Hondo yang akan dipakai ronde 2 pada 3 April 2016 nanti, sirkuit yang pertama kali didatangi regulasi 2016. Sirkuit tipikal cepat. Kecepatan rata-rata di situ bermain 177 km/jam. Sudut-sudutnya bikin motor menggelinding dengan kecepatan tinggi yang menjadi ujian elektronik terhadap kontrol motor. “Walau trek lurus sama panjang, tapi top speed di Termas tidak setinggi di Losail,” bilang Andrea Dovizioso yang kedua tahun lalu di situ dengan Ducati.

Tek lurusnya  1076 meter lebih panjang 9 meter dari Losail.  Tapi nape, top speed dari ukuran tahun lalu  mentok 334’1 km/jam, beda 16 km/jam dengan Losail? Karena lurusnya nggak benar-benar lempem. Keluar dari R1 masih harus imbangi motor dengan sikit lengkungan ke kanan. Tikungan pertama juga agak lambat. Ngeremnya lebih duluan ketimbang Qatar. Makanya top speednya lebih rendah. Tapi disebut sirkuit cepat penentunya bukan semata trek lurus, tapi speed rata-rata. Nah Termas de Río Hondo ini seimbang dengan Mugello dan Silverstone. Kalau Losail kecepatan rata-rata 168 km/jam. 

Sirkuit berada di provinsi Santiago del Estero di Argentina sana itu, total panjangnya 4.8 km. Rintangannya 14 tikungan yang 5 kiri dan 9 kanan. Diterjemahkan dalam lomba mengitari 25 lap. Best pole di situ atas nama Marc Marquez dengan 1’37.683. Sircuit record atau waktu tercepat saat lomba yang juga disebut fastest lap atas nama Valentino Rossi dengan 1’39.019.

Karakter suhunya sudah pasti beda dengan Losail, kan sudah menyeberang benua. Belum lagi aspalnya yang memengaruhi konsumsi ban. Suhu lintasan bermain 36 – 40oC. Bandingkan dengan Losail main malam suhu treknya tak lebih dari 28oC. Nah ujian buat Michelin saat lomba, yang jelas setiap tim belum punya data untuk itu, namun punya referensi dari Losail.

Juga sirkuit Termas ini baru dua kali digunakan. Sebenarnya data para tim belum lengkap-lengkap amat, walau pakai aturan lama. Apalagi dengan aturan baru. Maka data dari nol kembali, itulah tantangannya. Juara di situ dibagi antara Rossi dan Marquez yang masing-masing sekali. Yang paling diingat di sirkuit ini duel keduanya tahun lalu.  Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Bradley Smith Tertarik Ke KTM 2017, Karena Pabrikan

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Torsi Ducati Besar, Top Speed Pun Cepat, Lorenzo Tertarik?

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Lorenzo ‘Tinggalkan’ Yamaha, Selebrasi Histerisnya Disinggung Rossi

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Omongan Rossi Sesuai Targetnya

MotoGP 2016 Jelang Argentina: Lorenzo Pada Throttle, Motor Marquez Agresif, Rossi ‘Mengejutkan’

BAGIKAN